Tim Advokasi Ramlan Datangi Bawaslu Bukittinggi, Ruzi: Konsultasikan Kata Dabiah

Kamis, 22 Oktober 2020, 22:45 WIB | News | Kota Bukittinggi
Tim Advokasi Ramlan Datangi Bawaslu Bukittinggi, Ruzi: Konsultasikan Kata Dabiah
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi, Ruzi Hariyadi. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Ia menyampaikan, jika proses pelaporan tim advokasi nomor urut 1 ternyata ada unsur pidana pemilu, Bawaslu akan diproses dengan sentra Gakumdu, setelah dilakukan pengkajian dan verifikasi.

"Kalau ada unsur terpenuhi, kalau pidana tentu berproses ke pengadilan yaitu penyidikan dan penuntutan di persidangan. Kalau sampai kepidana, akan berpengaruh terhadap pencalonan, bisa membatalkan paslon," tutur Ruzi.

Disampaikan, jika hanya pelanggaran administrasi, Bawaslu akan memberikan rekomendasi ke KPU. Nantinya, KPU yang menentukan sanksinya terhadap Paslon.

Baca juga: Staf Sekretariat KPU Bukittinggi Dicatut jadi Pendukung Calon Perseorangan, Ini Keputusan Bawaslu Setelah Terima Laporan

Menurut Ruzi, dirinya sudah melihat rekaman video kampanye Erman Safar-Marfendi yang terdapat kata 'dabiah-'nya. Bahkan, video itu telah beredar secara luas di sejumlah platform media sosial. Hanya saja, sebut Ruzi, video beredar tersebut, kata 'dabiah' tersebut tak ada ditujukan pada salah satu paslon.

Video kampanye paslon urut 2 dengan suara sorakan "dabiah" beredar luas di media sosial. Dalam video berdurasi 3 menit 44 detik tersebut, paslon urut 2 dan tim juga melakukan adegan gerakan tangan mengasah pisau dan tim kampanye mengiringi kalimat "dabiah" berulang-ulang.

Kunjugan tim advokasi Paslon nomor urut1 ini, setidaknya menandai makin mendidihnya suhu politik di Kota Bukittinggi jelang pemilihan serentak, 9 Desember 2020 nanti. Aksi lapor melaporkan pasangan calon maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bukittinggi, sudah mewarnai pesta demokrasi sekali lima tahunan ini.

Jika benar adanya, Deklarasi Kampanye Damai digelar KPU Bukittinggi, Rabu (14/10/2020), jelas telah tercoreng. Hakikat kampanye damai sebagaimana Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura sampaikan, merupakan kampanye yang nyaman serta tidak adanya gesekan antar pasangan calon. (ham)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: