Tokoh Masyarakat Terpapar Covid19 Harus Terbuka, Alex: Transparan Itu untuk Kebaikan Bersama

Minggu, 23 Agustus 2020, 19:41 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Tokoh Masyarakat Terpapar Covid19 Harus Terbuka, Alex: Transparan Itu untuk Kebaikan...
Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman

VALORAnews - Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman menegaskan, pemerintahan provinsi Sumatera Barat mesti mengawasi dengan sungguh-sungguh, pelaksanaan protokol kesehatan di masa kenormalan baru Pandemi Covid19.

"Keseriusan dan konsistensi itu, jadi tolak ukur masyarakat dalam menilai upaya pencegahan penularan Virus Corona 19 yang dilakukan pemerintah. Jika gubernur abai, kita akan terus menyaksikan lonjakan pertambahan kasus setiap harinya," ungkap Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman melalui pernyataan tertulis, Ahad (23/8/2020).

Bagi warga yang terkonfirmasi positif, alex mengharapkan, bersedia mengabarkan kondisinya secara terbuka pada masyarakat sekitar lingkungannya.

"Khusus untuk para tokoh masyarakat yang terpapar Covid19, seharusnya jadi teladan dalam hal keterbukaan informasi sebagaimana telah dilakukan Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni. Dia mengumumkan secara terbuka kondisinya yang terpapar Covid19, begitu hasil test swabnya dinyatakan positif, akhir pekan ini," ungkap Alex.

Baca juga: PDI Perjuangan Raih 1 Kursi DPR RI dari Sumatera Barat, Alex: Mohon Doa dan Kritiknya

Alex berpendapat, tokoh masyarakat sangat penting bersikap terbuka, karena dia berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya.

"Saat ini, salah satu cara efektif dalam penghentian penularan, adalah melakukan tracing (penelusuran) setiap orang yang melakukan kontak erat dengan penderita. Ini lah pentingnya bersikap terbuka," tegas Alex. "Kita doa kan, Pak Ali Mukhni bisa segera pulih kembali," tambahnya.

"Kita mengapresiasi keterbukaan yang dilakukan, sehingga yang pernah kontak erat dengan beliau, bisa segera melakukan test swab. Tak perlu takut ikuti test swab. Ini semua untuk kebaikan bersama, terutama diri kita dan keluarga," ucap Alex.

Poin penting protokol kesehatan yang mesti diawasi pemerintah secara konsisten dan serius, terang Alex, yaitu mengingatkan warga untuk gunakan masker dan menjaga jarak (physical distancing) di ruang publik.

Baca juga: Muhammadiyah Sumbar Terima H Alex Indra Lukman

Sedangkan protokol kesehatan yang fokus ke warga, ungkap Alex, yaitu kebersihan tangan jadi yang utama, tidak menyentuh wajah sembarangan dan menutupi hidung saat bersin dengan lengan bagian dalam.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: