Dan Lantamal II Telukbayur Ajak Masyarakat Mentawai Ikut Awasi Orang Asing

Kamis, 20 Agustus 2020, 20:58 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Dan Lantamal II Telukbayur Ajak Masyarakat Mentawai Ikut Awasi Orang Asing
Danlantamal II Telukbayur, Laksamana Pertama Dafit Santoso didampingi Kortanius Sabeleake (Wabup Mentawai) dan Letkol Laut Anis Mundar (Dan Lanal Mentawai) ketika mendampingi kunjungan Monitoring Orang Asing di wilayah Kepulauan Mentawai itu, Rabu (18/8/2

VALORAnews - Dan Lantamal II Telukbayur, Laksamana Pertama David Santoso mengajak masyarakat Mentawai, untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing yang berada di kabupaten kepulauan itu.

Hal tersebut disampaikannya pada kunjungan kerja yang kedua kali ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (18/8/2020).

"Pengawasan orang asing tidak hanya tanggung jawab stake holder, tapi juga kewajiban seluruh lapisan masyarakat. Peran masyarakat dalam melakukan pengawasan sangat diperlukan,' ungkap Laksamana David.

Dikatakan, tugas pengawasan orang asing mesti jadi kesadaran bersama. Tidak hanya jadi tugas Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) saja. Setiap individu masyarakat dapat menjadi mata atau pengawas termasuk insan pers.

Baca juga: Minang Diaspora Bantu Selimut dan Tikar bagi Korban Banjir di Kecamatan IV Angkek

Dikatakan Dafid, untuk membangun bangsa mesti satu hati, tidak perlu ada kepentingan apapun apalagi untuk kemajuan satu wilayah mesti ada semangat kesatuan.

Disisi lain, Dafid mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Mentawai khususnya di Tua Pejat yang merupakan ibukota kabupaten. Dimana, tim gugus tugas kepulaaun Mentawai masih tetap konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dafid menilai, ini paling bagus sebab sudah lama masih tetap mempertahankan protokol kesehatan. "Ini menunjukkan konsistennya aturan dijalankan," terang dia.

Sementara, Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake mengakui, pengawasan orang asing di wilayahnya memang belum maksimal. Kendalanya, karena belum adanya kantor Imigrasi di Mentawai.

Baca juga: Wawako Padang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2023, Syafrial Kani: Materi Akan Dibahas Pansus

"Kita daerah wisata dan tamu kita adalah yang datang dari mancanegara. Kendala yang dihadapi adalah kesulitan dalam melakukan pemeriksaan terhadap wisatawan asing tersebut, tanpa adanya pendamping dari Imigrasi," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: