Baznas Tanahdatar Bantu Biaya Masuk PTN 333 Generasi Muda

Senin, 29 Juni 2020, 21:10 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Baznas Tanahdatar Bantu Biaya Masuk PTN 333 Generasi Muda
Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma menyerahkan beasiswa Baznas Tanahdatar pada perwakilan siswa di aula kantor bupati di Pagaruyung, Senin (29/6/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanahdatar, menyalurkan zakat bantuan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Bantuan itu diserahkan Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma.

"Bantuan pendidikan hari ini, disalurkan sebesar Rp638,25 juta untuk 333 orang yang lulus di berbagai PTN di Indonesia," ungkap Ketua I Baznaz Tanahdatar, Abrar, saat penyerahan yang digelar di aula kantor bupati di Pagaruyung, Senin (29/6/2020).

Abrar menyampaikan, sebagai lembaga yang diamanahkan untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat umat Islam, Baznas mempunyai program bantuan di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusian dan ekonomi.

Abrar menambahkan, berhubung pada saat ini masih dalam suasana pandemi Covid19, untuk penyerahan dilakukan dua gelombang. Pada tahap awal ini, diserahkan pada 150 orang penerima dan gelombang kedua sisanya diserahkan di gedung serbaguna kecamatan Lima Kaum, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: HMTI Serahkan Zakat Fitrah dan Fidiah Warga Tabagsel Sumbar

Di kesempatan tersebut Abrar juga sampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi pemerintah daerah yang telah mengimbau ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD untuk memaksimalkan pengumpulkan zakat, tidak hanya gaji tetapi tunjangan lain yang diterima.

"Kepada anak-anak diharapkan untuk selalu mendoakan para pemberi zakat (muzaki) untuk selalu sehat dan sukses agar dapat kembali memberikan zakatnya," pungkas Abrar pada kegiatan yang juga dihadiri Riswandi (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) dan Afrizon (Kepala Bagian Kesra) itu.

Sementara, Zuldafri Darma menyampaikan komitmen pemerintah daerah, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan slogan tidak ada anak Tanahdatar yang tidak kuliah dengan alasan tidak ada biaya.

"Komitmen kita jelas, tidak ada anak Tanahdatar yang gagal masuk PTN karena alasan biaya. Program ini kita yakini tidak hanya sekadar membantu tetapi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat nantinya," ucap dia.

Baca juga: Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah 1445 Hijrah di Agam

"Tanahdatar tidak memiliki sumber daya mineral yang melimpah, melalui SDM inilah yang diharapkan bisa memajukan kesejahteraan masyarakat dan anak-anak inilah yang akan menjadi modal yang dapat diandalkan sepanjang masa," tambah dia.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: