260 Personel Siap Amankan Gowes Ranah Minang 2020

Jumat, 21 Februari 2020, 16:30 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
260 Personel Siap Amankan Gowes Ranah Minang 2020
Wakapolres Tanah Datar, Kompol Arifin Daulay memimpin apel persiapan menjelang digelarnya Gowes Ranah Minang 2020 Wakasad pada Jumat (21/2/2020) di halaman Istano Basa Pagaruyung. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Polres Tanahdatar bersama dengan Kodim 0307 Tanahdatar, Satpol PP, Dishub Tanahdatar dan personil Polres Padangpanjang, melaksanakan gelar pasukan, Jumat (21/2/2020) di halaman Istano Basa Pagaruyung.

Apel persiapan ini, menyambut digelarnya Gowes Ranah Minang 2020 Wakasad atau Wakil kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Tatang Sulaiman dan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto pada Ahad (23/2/2020).

Apel gabungan dipimpin Wakapolres Tanah Datar, Kompol Arifin Daulay. Dia memberikan arahan pada peserta apel tersebut, yang akan melaksanakan pengamanan saat acara berlangsung untuk menyamakan persepsi.

Sebanyak 600 peserta Gowes yang sudah dipastikan ikut dan adanya klub sepeda masyarakat lainnya yang mendaftar sebagai peserta, diyakini Gowes Wakasad ini mencapai 1000-an orang.

Baca juga: Festival Pesona Barulak Digelar 24-26 September 2022, Yuk Ramaikan

Pegowes akan dibagi 6 rombongan, yang akan melewati wilayah hukum Tanahdatar. Setiap rombongan, akan dilepas dengan jeda 15 menit. Lalu lintas jalan tidak akan ditutup. Sehingga masyarakat dapat melalui lalu lintas sesuai petunjuk petugas pengamanan yang akan disebar di titik2 rawan.

"Polres Tanahdatar akan mendukung pengamanan sebayak 260 orang petugas," ungkap Kompol Daulay.

Pada Ahad tersebut, rombongan gowes akan memulai start dari lokasi Jam Gadang Bukittinggi dan finish di Dermaga Solok. Sebelum meninggalkan Tanahdatar, rombongan akan beristirahat sejenak di Istano Basa Pagaruyung, sebagai lokasi finish pertama. Kemudian, finish kedua di SD 05 Batu Taba, dilanjutkan finish ketiga di Dermaga Singakarak Solok.

Saat finish di Istano Basa Pagaruyung, SD 05 Batu Taba dan Dermaga Solok, rombongan akan membagikan bantuan sembako dan alat tulis kepada masyarakat kurang mampu. (jen)

Baca juga: Alu Katentong, Kesenian Tradisi Anak Nagari Padang Laweh yang masih Bertahan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: