8 Bangunan Dihondoh Banjir di Malalo, 1 Unit Mobil dan Motor Masuk Danau

Jumat, 17 Januari 2020, 14:00 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
8 Bangunan Dihondoh Banjir di Malalo, 1 Unit Mobil dan Motor Masuk Danau
Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi meninjau lokasi terparah akibat banjir di Jorong Tanjuang Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, kecamatan Batipuh Selatan, Jum'at (17/1/2020) dini hari. (jhen rahmad/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Banjir bandang melanda Jorong Tanjuang Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, kecamatan Batipuh Selatan, Jum'at (17/1/2020) dini hari.

Banjir ini merusak 8 bangunan terdiri dari 6 unit rumah, 1 unit toko dan 1 bengkelmotor, menghanyutkan 1 mobil dan 1 sepeda motor, puluhan ekor ternak warga.

Kondisi di lokasi saat ini, petugas gabungan, BPBD TNI Polri masih menunggu alat berat dari tim teknis yang berasal dari lintas instansi, baik provinsi maupun kabupaten untuk membersihkan material lumpur.

Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi yang meninjau langsung lokasi bencana mengatakan, sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab banjir bandang yang melanda.

"Kita belum menentukan, akan kita pelajari dengan menelusuri hingga ke hulu oleh tim teknis dengan drone," ucap dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, warga korban banjir bandang telah diungsikan ketempat yang lebih aman.

Irdinansyah juga mengimbau warga, untuk menjauhi lokasi bencana karena dikhawatirkan masih ada banjir susulan.

"Kita liat cuaca kurang bersahabat. Di hulu sungai juga terjadi longsoran dengan disertai air, untuk warga diimbau menjauh dulu dari lokasi banjir bandang," imbau dia.

Untuk tindakan lebih lanju, dia mengintruksikan pihak terkait, untuk membuka dapur umum dan posko bencana. Prioritas penanganan pasca bencana berupa pembersihan material yang menutup badan jalan sepanjang 250 meter.

Ikut bersama bupati meninjau lokasi bencana, Kapolres Padangpanjang, AKBP Sugeng, Kepala Dinas Sosial dan PPA Yuhardi, Kepala Dinas Perkip LH Dessy, Kepala Dinas PU Novi, Kepada BPBD Thamrin, Kasat Pol PP Damkar Yusnen.

Sementara di kesempatan sama, pemerintah daerah melalui Sekda Irwandi menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana berupa sembako dan terpal. (jen)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: