Wisuda IX IAIN Batusangkar Bertabur Prestasi Tingkat Nasional

Senin, 18 November 2019, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Wisuda IX IAIN Batusangkar Bertabur Prestasi Tingkat Nasional
Rektor IAIN Batusangkar, Kasmuri melantik wisudawan-wisudawati IAIN Batusangkar Angkatan IX di auditorium kampus itu, Senin (18/11/2019). (jhen rahmad/valoranews)

VALORAnews - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar wisuda 644 orang lulusan di auditorium kampus itu, Senin-Selasa (18-19/11/2019). Wisuda Angkatan IX tahun 2019 ini dipimpin Rektor IAIN Batusangkar, Kasmuri dihadiri senat IAIN Batusangkar.

"Wisuda IX ini terdiri dari 15 orang lulusan Program Pascasarjana (S-2), 293 orang lulusan (S-1) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 21 orang Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, 77 orang Fakultas Syariah dan 238 orang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam," ungkap Kasmuri saat memberikan sambutannya.

Rektor dan seluruh civitas akademika, mengucapkan selamat mencapai gelar magister, sarjana dan ahli madya pada 644 orang wisudawan. Teristimewa bagi wisudawan/wati terbaik 2019 ini. "Diharapkan dapat memanfaatkan ilmu dengan baik yang didapatkan selama kuliah, baik dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah," harapnya.

Dikatakan Kasmuri, wisuda di akhir 2019 ini berbeda dengan sebelumnya. Biasanya wisuda digelar pada Rabu/Kamis. Pada tahun ini telah dijadwalkan di akhir November ini. "Mengingat telah dibukanya pendaftaran online calon pengawai negeri sipil (CPNS) 2019, maka dari itu IAIN Batusangkar mempercepat proses wisuda dan pembuatan ijazah atau kelulusan angkatan IX ini," ungkapnya.

Baca juga: Siswa SMPN 1 Banuhampu Diwisuda Tahfiz, Ini Harapan Bupati Agam

Civitas akademika IAIN Batusangkar, terangnya, juga berbangga dengan perolehan berbagai prestasi tingkat nasional maupun regional yang diperoleh mahasisiwa selama semester terakhir. Seperti, Juara 1 Nasional Lomba Debat Ilmu Hukum antar PTKI se-Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta.

Kemudian, Juara Pertama Debat Ilmu Hukum yang diselenggarakan di Medan, Sumut antar PTKIN se-Indonesia oleh Mahasiswa Fakultas Syariah. "Lebih membanggakan kita semua, datang dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, jadi Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Juara II pada Lomba Brosur Fund Rising Zakat dan Tingkat Nasional yang diselenggarakan IAIN Bengkulu," ungkapnya.

Pada Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan juga menoreh prestasi pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Nasional diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang (UNP) peringkat pertama. Datang dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah lomba bergengsi Pembuatan Film Dokumenter dengan tajuk "Bung Hatta dalam Film" Mahasiswa Tingkat se-Sumatera, yang memperoleh prestasi juara pertama dan harapan pertama.

"Juga datang dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam juara II pada Lomba Lintas Wisata Nasional Tingkat Nasional di Selenggarakan Oleh Univeritas Andalas Padang," tambahnya.

Baca juga: Hamsuardi: Wariskan yang Terbaik untuk Generasi Muda Pasbar

Dalam aspek pembangunan, ungkapnya, juga terus tingkatkan. Sejak awal Januari 2019, dilaksanakan pembangunan fisik di lahan kampus II yaitu pembangunan fisik gedung auditorium dan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) senilai Rp25 miliar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: