Rahman: Prioritaskan Pelaporan DID dan DAK

Senin, 06 Mei 2019, 15:45 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Rahman: Prioritaskan Pelaporan DID dan DAK
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman saat memimpin rapat gabungan bersama OPD. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Solok Selatan untuk menyegerakan pelaksanaan dan pelaporan alokasi anggaran yang diberikan pusat, baik berupa Dana Insentif Daerah (DID) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

Hal itu dia sampaikan ketika memimpin rapat gabungan OPD bersama Sekdakab Yulian Efi dan para Asisten di Aula Tansi Ampek, kantor bupati Solsel, Senin (6/5/2019), di hari pertama Ramadhan.

"Dari informasi yang kita dapatkan, DID paling lambat Agustus harus disampaikan progresnya minimal 70%, dari Rp18 Miliar yang telah dikucurkan pusat. Sedangkan penyampaian laporan DAK ke Kemenkeu paling lambat pada 21 Juli. Ini harus menjadi perhatian serius OPD terkait untuk melaksanakannya," tegas Rahman.

Sekretaris BPKD Solsel, Oriza mengatakan, total DID yang didapatkan tahun ini berjumlah Rp36 Miliar yang diperuntukkan untuk pembangunan-pembangunan fisik, di antaranya jembatan, jalan, listrik ke Camintoran dan Masjid Agung.

Baca juga: Bawaslu Sumbar Gendeng FISIP Unand Luncurkan Pusat Pendidikan dan Pengawasan Pemilu Partisipatif

"Total DID tahun ini yang dikucurkan ke Solok Selatan berjumlah Rp36 Miliar. Separuhnya sebanyak Rp18 miliar sudah dikucurkan. OPD yang telah menerima kucuran dana tersebut wajib menyampaikan progresnya minimal 70% pada Agustus ini. Jika tidak, kucuran selanjutnya tentu tidak akan terealisasi," ungkapnya mewanti-wanti.

DID sendiri adalah dana yang dialokasikan APBN untuk memberikan penghargaan (reward) kepada provinsi, kabupaten dan kota yang mempunyai kinerja baik dalam kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, pelayanan pemerintahan umum, serta dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di samping membahas terkait DID dan DAK, Rahman bersama Yulian Efi juga membicarakan berbagai hal terkait aktifitas yang akan dilakukan Pemkab di Ramadhan, termasuk pelaksanaan Safari Ramadhan serta Operasi Pasar.

Khusus Safari Ramadhan, Yulian mengatakan bahwa sebanyak 24 Tim Ramadhan akan menyambangi Masjid dan Mushalla di Solok Selatan.

Baca juga: Ribuan Santri DDS Bukittinggi Ikuti Pawai Ta'aruf

"Sebanyak 14 tim reguler dari eksekutif, 7 tim dari DPRD serta 3 tim pendamping Tim Provinsi," tukasnya. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024