Jesse Ewart Jawara Stage 1 Tour de Singkarak 2019

Minggu, 03 November 2019, 15:50 WIB | Sport | Kab. Tanah Datar
Jesse Ewart Jawara Stage 1 Tour de Singkarak 2019
Pebalap sepeda TdS 2019, saling berpacu menuju garis finish di Istano Basa Pagaruyung, Tanahdatar, Sabtu (02/11/2019). (jheni rahmad/valoranews)

"Ini yang perlu kita bicarakan dengan pihak terkait, nanti jangan muncul pandangan yang tidak baik di kalangan masyarakat karena iven ini sudah merupakan event internasional," katanya lagi.

Ia berharap ke depan perhelatan TdS lebih meriah dan mendapatkan perhatian dari masyarakat di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Tanah Datar.

Manfaat dari event tersebut adalah meningkatkan potensi wisata di Tanah Datar sehingga semakin dikenal wisatawan dan meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pariwisata.

Baca juga: Tiga Titik Sprint dan KOM Warnai Etape Terpanjang TdS 2019

"Melalui event ini kita promosikan objek wisata, masyarakat setempat juga terhibur, dan ekonomi masyarakat terangkat serta meningkatkan pendapatan asli daerah," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar Abdul Hakim, mengatakan untuk memeriahkan penyambutan etape 1 TdS tahun 2019, pemda Tanah Datar mendatangkan artis Minang Jon Cakra dan Cabiak, festival kucing, bazar, dan pergelaran seni anak Nagari.

Tidak itu saja, pada Tour De Singkarak 2019 ini, Tanah Datar juga kembali menyuguhkan ala tradisional Minangkabau kepada pembalap, official dan tamu undangan, dengan menggelar makan bajamba di dalam Istano Basa Pagaruyung.

Abdul Hakim juga mengatakan sebelum makan bajamba, seluruh peserta diberikan kain sarung. Pemberian kain sarung ini tak lain demi menjaga adab bagi pengunjung yang hendak memasuki Istano Basa Pagaruyung.

"Selain makanan tradisional Minangkabau, untuk makan Bajamba itu kita juga menyediakan makanan ala eropa, dan ini khusus untuk pembalap dan official dari negara tertentu," ucap Abdul Hakim.

Finish etape I di Istano Basa Pagaruyung ini turut dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Forkompinda Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala OPD, dan undangan lainnya. (jen)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: