Inilah Nama Paling Populer untuk Calon Bupati Tanahatar Hasil Survei Liberte Institute

Sabtu, 19 Oktober 2019, 18:56 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Inilah Nama Paling Populer untuk Calon Bupati Tanahatar Hasil Survei Liberte Institute
Narasumber rilis survei Preferensi Pemilih Pra-Pilkada Kabupaten Tanahdatar, Indrayadi, menjelaskan metode survei yang dilakukan lembaganya pada wartawan Sabtu (19/10/2019) di Batusangkar. Rilis survei ini dimoderatori, Leo Chandra. (jheni rahmad/valorane

VALORAnews - Publik Tanahdatar lebih menginginkan kepala daerah dengan latar belakang politisi pada pemilihan kepala daerah daerah serentak 2020 mendatang. Persentasenya mencapai 51,5%. Sedangkan yang berlatarbelakang purnawirawan TNI sebesar 16,7%.

"Kesimpulan ini berdasarkan survei yang dilakukan Liberte Institute pada 4-8 Oktober 2019 dengan populasi responden sebanyak 400 orang yang tersebar di seluruh kecamatan di Tanahdatar," ungkap narasumber rilis survei Preferensi Pemilih Pra-Pilkada Kabupaten Tanahdatar, Indrayadi, Sabtu (19/10/2019) di Batusangkar. Rilis survei ini dimoderatori, Leo Chandra.

Dikatakan, teknik pengumpulan data melalaui wawancara tatap muka dengan margin error 4,9%. Pewancara pendidikan minimal strata satu atau sarjana dengan populasi masyarakat Tanahdatar. Metode yang dilakukan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dijelaskan Indrayadi, dari pertanyaan "jika pilkada diadakan hari ini, siapakah tokoh yang tepat menjadi Bupati Kabupaten Tanahdatar," maka nama mayoritas yang dipilih responden adalah Irdinansyah Tarmizi dengan 34,6%, Betty Shadiq Pasadigoe (16,7%) dan Zulfadri Dharma (14,2%).

Baca juga: Pj Bupati Mentawai Hadiri Rakor di Kemendagri, Ini Arahan Tito Karnavian

Sementara, calon yang popular wajahnya yakni Irdinansyah Tarmizi sebesar 96%, Zulfadri Dharma (81,6%) dan Betty Shadiq Pasadigue (76,9%).

Sedangkan untuk akseptabilitas, kandidat yang paling disukai responden adalah Irdinansyah Tarmizi sebanyak 74,1%, menyusul Betty Shadiq Pasadigoe sebesar 50% dan selanjutnya Zulfadri Dharma sebanyak 46%.

Dari lima calon yang berkemungkinan maju di pemilihan 2020 nanti, responden memilih nama Irdinansyah Tarmizi sebanyak 53%. Diikuti Betty Shadiq Pasadigoe 20,1% disusul Zulfadri Dharma 17,75. Sedangkan Arkadius Dt Intan Bano 8,0% dan Febby Dt Bangso 1,2%.

Untuk penilaian kinerja pemerintahan, menurut hasil survey, 84,1% responden puas dengan kinerja pemerintahan Irdinansyah Tarmizi-Zulfadri Dharma. Sedangkan 10,9 responden menjawab tidak puas. (jen)

Baca juga: Muncul di Survei Elektabilitas Pilkada Tanah Datar 2024, Ini Kata Musfi Yendra

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: