1 Jemaah Wafat di Tanah Suci: 239 Jemah Haji Tanahdatar Kembali ke Ranah Bundo

Kamis, 29 Agustus 2019, 23:16 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
1 Jemaah Wafat di Tanah Suci: 239 Jemah Haji Tanahdatar Kembali ke Ranah Bundo
Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri menyambut rombongan jemaah haji Tanahdatar, di aula Gedung Indo Jalito, Kamis (29/8/2019) sore. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri beserta jajaran Kementerian Agama menyambut kepulangan Jemaah Haji di Gedung Indo Jalito, Kamis (29/8/2019). Sekitar pukul 17.00 WIB, rombongan Jemaah Haji memasuki gerbang Gedung Indo jalito yang sudah disesaki keluarga jemaah.

Kepulangan Jemaah haji Tanahdatar tahun ini, tergabung dalam dua kelompok terbang yaitu Kelompok Terbang (Kloter) 13 PDG sebanyak 239 Jemaah Haji dan Keloter 18 PDG sebanyak 3 Jemaah Haji.

"Dari 244 Jemaah Haji yang berangkat dari Kabupaten Tanahdatar, 239 yang tergabung dalam keloter 13 PDG tiba di Batusangkar dengan selamat. Tiga orang lagi akan menyusul pada 3 September 2019 yang tergabung dalam Keloter 18 PDG," ungkap Kasi Urusan Haji Kemenag Tanahdatar, Algafari.

Dikatakannya, seprang jemaah wafat di Tanah Suci atas nama Hajjah Ernita Bin Yusuf asal Kenagarian Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung. Sedangkan yang sakit atas nama Haji Iskandar Gain Ingan asal Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan.

Baca juga: Erman Safar Sambut Kepulangan 295 Jemaah Haji 1444 H Bukittinggi

"Sampai saat ini, jemaah tersebut (Haji Iskandar Gain Ingan-red) masih dirawat di Rumah Sakit Mekah Arab Saudi," terang Algafari.

Pada Kamis siang, rombongan Jemah Haji ini disambut di Bandara Internasional Minangkabau oleh Panitia Penjemputan Kepulangan Jemaah Haji. Terdiri dari Unsur Setdakab, Kemenag dan Dinas Kesehatan.

"Untuk tahun ini Jemaah Haji tertua tercatat atas nama Haji Saharuddin (89) asal Salimpaung. Jemaah termuda adalah Haji Aulia Arif (26), asal Tanjung Emas," tukas Algafari.

Sementara itu, Kabag Kesra Setdakab Tanahdatar, Afrizon yang ikut dalam panitia penjemputan berharap, para jemaah Tanahdatar ini jadi haji mabrur dan menjadi teladan dalam kehidupan masyarakat yang berpegang teguh kepada Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. (jhn)

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Diputuskan Dapat 10 Liter Air Zamzam, Ini Teknis Pengambilan Jatah Tambahan

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: