WWF Inisiasi Gerakan Pemulihan DAS Batang Kampar, Wagub: Ini Perlu Disegerakan

Kamis, 04 Juli 2019, 18:29 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
WWF Inisiasi Gerakan Pemulihan DAS Batang Kampar, Wagub: Ini Perlu Disegerakan
Wagub Sumbar, Nasrul Abit menerima audiensi personel WWF Sumatera yang didampingi Siti Aisyah (Kepala Dinas LH Sumbar), di rumah dinas Wagub di Jl Raden Saleh, Kamis (4/7/2019). (humas)

VALORAnews - Imbal jasa lingkungan Upper Kampar Watershed akan difasilitasi World Wide Fund (WWF) for Nature Central Sumatera. WWF merupakan organisasi non pemerintah yang menangani tentang konservasi / penelitian dan restorasi lingkungan.

Memulihkan kembali keseimbangan ekosistem di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar yang merupakan satu dari 13 DAS Kritis Prioritas Nasional demi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian alam, perlu segera dilakukan.

Hal itu diungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit setelah menerima audiensi kunjungan Tim WWF dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Siti Aisyah, di rumah dinas Wagub di Jl Raden Saleh, Kamis (4/7/2019).

Dia mengatakan, tim WWF beberapa tahun ini sudah menginiasiasi Program Imbal Jasa Lingkungan terkait dengan pemulihan DAS Batang Kampar.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

"DAS Batang Kampar hulunya berada di Provinsi Sumbar dan Hilirnya di Riau. Beberapa tahun ini frekwensi banjir besar terjadi di daerah pangkalan Kabupaen Limapuluh Kota hingga ke Riau semakin sering."

"Dari hasil pantauan tim, ini menunjukkan bahwa kerusakan DAS Batang Kampar sudah cukup kritis, dan perlu segera dibenahi kembali," ungkap Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga sampaikan untuk tindak lanjut ini kita akan lakukan rapat khusus dengan daerah yang berpengaruh terhadap Batang Kampar ini.

"Tindak lanjut dari pertemuan ini, kita akan lakukan rapat koordinasi bersama Tim WWF dengan Pemerintah Pasaman, Limapuluh Kota, bagaimana pelaksanaan merumuskan program pembenahan kembali DAS untuk mengembalikan kondisi tutupan hutan di hulu agar mengurangi dampak banjir juga agar supply listrik dari PLTA Koto Panjang bisa maksimal. Kita akan pikirkan juga adanya kegiatan yang dapat mensejahteraan masyarakat," tambah Nasrul Abit.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Siti Aisyah mengatakan, WWF wilayah kerja Sumatera yang berkedudukan di Pekanbaru, melakukan audiensi dengan wakil gubernur dalam hal berkaitan kegiatan dalam upaya perbaikan DAS Batang Kampar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: