Kategori Tipe Notaris Sumbar Masih D, Nasrul Abit: Cepat Urus Perubahan Status

Kamis, 04 Juli 2019, 18:06 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Kategori Tipe Notaris Sumbar Masih D, Nasrul Abit: Cepat Urus Perubahan Status
Wagub Sumbar, Nasrul Abit foto bersama dengan sejumlah pengurus INI Sumbar usai acara silaturahmi INI se Sumbar di Padang, Rabu (3/7/2019). (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dalam acara silaturahmi Ikatan Notaris Indonesia (INI) se Sumatera Barat (Sumbar), Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyampaikan, saat ini jumlah Notaris di Sumbar ada 600 orang di setiap daerah, dan Notaris masih bertipe D.

"Untuk menaikan kategori tipe C atau mungkin sampai tipe A, perlu butuh waktu panjang. Melalui acara ini, saya meminta kepada INI yang berada di Sumbar, segera untuk mengurus secara aturan selagi bisa dinaikan minimal ke tipe C," harap Nasrul Abit Datuak Malintang Panai saat membuka acara silaturahmi INI se Sumbar di Padang, Rabu (3/7/2019).

Dengan dihadiri oleh Ketua Umum PP INI yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Anggota Zultrisman, Sekretaris DKP INI, Firdhonal, Kanwilkumham Sumbar, Kanwil ATR BPN Sumbar, Ketua Panitia HBH INI dan IPPAT Sumbar Novrial Bahrun dan Para notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) ada sekitar 270 Notaris/PPAT plus ALB saling bersilahturahmi.

Nasrul berharap, evaluasi secara bertahap bagaimana memotivasi untuk menjadi tipe C hingga tipe A perlu dilakukan.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

"Kita berharap, pihak Kemenkum dan HAM dapat mengevaluasi, kalau bisa naik secara bertahap, karena tidak mungkin kita tipe D terus. Naik dulu ke tipe C kalau bisa langsung tipe A," harapnya.

Nasrul sangat senang di undang dalam acara ini, sebab selama Wagub menjabat sebagai Wakil Bupati dan Bupati Pesisir Selatan selama 15 tahun, ditambah dengan sebagai Wagub baru kali ini diundang dalam silaturahmi Notaris.

"Ini menandakan hubungan Notaris dengan pemerintah belum begitu bagus, silaturahminya belum terjaga dengan baik, memang secara organisasi tidak ada hubungannya, namun Notaris sangat dibutuhkan oleh pemerintah, apalagi banyak pengaduan masyarakat tentang sengketa lahan untuk pembangunan daerah," nilainya.

"Saya senang bisa hadir di sini, dengan bersilaturahmi, kita bisa tingkatkan kerjasama yang baik untuk kemajuan pembangunan Sumbar," ucap Nasrul Abit.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

"Terlihat ada keharmonisan antara para Notaris/PPAT di wilayah Sumatera Barat. Ini yang kita harapkan, semoga acara ini bisa berlanjut tiap tahunnya," tuturnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: