Pesatuan Suku Jambak 3 Anduang Gelar Halal Bihalal

Minggu, 23 Juni 2019, 12:59 WIB | News | Kota Padang
Pesatuan Suku Jambak 3 Anduang Gelar Halal Bihalal
Zaini, mamak kaum dalam suku Jambak 3 Anduang memberikan sambutan dihadapan kemenakannya di ruangan Mushala Lansano Durian Tarung, Ahad (23/6/2019). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dalam rangka meningkatkan silaturrahmi sesama kaum, persatuan suku Jambak 3 Anduang, gelar acara Halal Bihalal di Musala Lansano Durian Tarung, Kelurahan Pasar Amabacang Kecamatan Kuranji, Ahad (23/6/2019).

Kegiatan Halal Bihalal ini dimulai pada pukul 13.30 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh kaum Suku Jambak 3 Anduang yang ada di Kabun Jalan Tunggang dan di Pondok Durian Tarung.

Dalam sambutannya, Mamak di dalam kaum Suku Jambak 3 Anduang, Zaini mengaku sangat senang dan bangga, acara ini bisa terlaksana dengan baik. Karena cukup banyak hikmah dan manfaat dari acara ini.

"Sebagai Ninik Mamak, kami merasa senang dan bangga kita bisa berkumpul. Mudah-mudahan lewat acara ini, kita bisa lebih kenal-mengenal dan mempersatukan serta saling membangun kebersamaan antara mamak dan kemenakan," terangnya.

Baca juga: Bupati Agam Ajak PANTAS Jabodetabek Terus Berkontribusi Bangun Kampung Halaman

Dikatakan, dengan adanya acara ini diharapkan hubungan yang selama ini kurang harmonis bisa kembali rukun dan damai untuk kedepannya.

"Halal Bihalal harus dimaknai sebagai upaya untuk saling maaf-memafkan dan mempererat hubungan silaturrahim," terangnya.

Kegiatan ini dilakukan dengan secara sederhana dengan mendatang ustadz Asrul Malin Batuah untuk memberikan siraman rohani.

Dalam tausiyahnya, Malin Batuah menyampaikan, halal bihalal ini bagus dilestarikan untuk anak, kemenakan. Baik yang berkaitan dengan nilai-nilai adat ataupun mengenai harta pusaka, yang nantinya bisa membantu anak kemenakan seperti, dalam dunia pendidikan.

Baca juga: Pasukuan Piliang 14 Penuhi GOR Lubuk Basung untuk Berhalal Bilhalal, Ini Harapan Sekda Agam

"Kalau Mamak dan Kemenakan sudah bersinergi, akan banyak manfaat yang didapatkan untuk kaum khususnya bagi anak, kemenakan," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: