Jurusan Desain Mode Mulai Terima Mahasiswa Baru

Kamis, 20 Juni 2019, 10:22 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Jurusan Desain Mode Mulai Terima Mahasiswa Baru
Hasil kreasi rancangan mahasiswa ISI Padangpanjang. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - ISI Padangpanjang kembali membuka jurusan yang diharapkan dapat berkontribusi banyak bagi pengembangan industri kreatif. Jurusan itu adalah Desain Mode. Menerima mahasiswa pertama kali di tahun pelajaran 2019/2020 ini, jurusan ini digadang-gadang bakal diminati generasi muda.

Rektor ISI Padangpanjang, Prof Novesar Jamarun mengatakan, tujuan dibukanya jurusan ini adalah untuk menghasilkan desainer yang terampil dan profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Para mahasiswa, akan difokuskan pada perancangan desain fashion tradisi dan modern, penciptaan dan pemasaran produk desain mode yang berkelanjutan, sehingga dapat diterima masyarakat lokal, nasional dan internasional," katanya.

Peluang bagi para lulusan jurusan baru ini, menurut Novesar, akan sangat besar untuk mengambil peran dalam dunia fashion tanah air. "Selain sebagai desainer, tamatan jurusan desain mode punya peluang pula untuk berkarir sebagai desainer konsultan, widyaswara, maupun sebagai enaga pendidik dan peneliti di bidang mode," katanya.

Baca juga: Solsel Jalin MoU dengan ISI Padangpanjang

Dijelaskan, berdirinya jurusan ini juga merupakan sebuah jawaban atas tantantang pihak Kemenristek Dikti agar Perguruan Tinggi Seni lebih berkonsentrasi pada pengembangan industri kreatif tanah air.

"Kita melihat industri kreatif tanah air, khususnya di bidang fashion terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Di sana ada peluang bagi kita untuk menemapatkan alumni kita dari jurusan ini," sebutnya.

Berkarir di dunia fashion memang merupakan peluang yang menjanjikan masa depan cerah, mengingat tingginya nilai ekonomi pada karya-karya fashion bermutu.

Sementara itu, Pembantu Rektor I, Dr Andar Indera Sastra mengatakan, untuk tahap awal ini, pihak rektorat menargetkan penerimaan sebanyak 40 orang mahasiswa baru.

Baca juga: ISI Padangpanjang Gelar Pelatihan Batik untuk Siswa SLB

"Penerimaan baru kita lakukan untuk jalur khusus. Mudah-mudahan tahun ajaran depan akan lebih banyak lagi jalur yang kita buka," sebutnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: