Nasrul Abit Nilai Chatib Sulaiman Pantas jadi Pahlawan Nasional

Sabtu, 19 Januari 2019, 19:49 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Nasrul Abit Nilai Chatib Sulaiman Pantas jadi Pahlawan Nasional
Wagub Sumbar, Nasrul Abit foto bersama dengan keluarga Chatib Sulaiman dan para pemakalah pada seminar nasional oleh Yayasan Khatib Sulaiman dalam bedah buku sekaligus menyiapkan pengusulan pejuang kemerdekaan Chatib Sulaiman jadi pahlawan nasional, Sabtu

VALORAnews - Perjuangan sosok Khatib Sulaiman di masa perjuangan, saat ini pantas diapresiasi sebagai pahlawan nasional. Jika ditelusuri sejarah, sosok Chatib Sulaiman telah membuktikan kecintaannya akan kemerdekaan Indonesia, dalam perjuangan PDRI pada 22 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949 yang dipimpin Presiden PDRI, Syafruddin Prawiranegara.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit pada Seminar Nasional oleh Yayasan Khatib Sulaiman dalam bedah buku sekaligus menyiapkan pengusulan pejuang kemerdekaan Khatib Sulaiman jadi pahlawan nasional, Sabtu (19/1/2019), di Ruang Dilo Telkom Witel Padang.

"Khatib Sulaiman gugur saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dengan dipercayainya Khatib Sulaiman sebagai Ketua Markas Pertahanan Rakyat Daerah dalam struktur PDRI," terang Nasrul Abit.

Hadir dalam seminar tersebut Wakil gubernur Sumbar, Wakil Bupati Limapuluh Kota, keluarga dari Khatib Sulaiman, Asvi Warman Adam (sejarawan dan peneliti dari LIPI), Wannofri Samry (Ketua MSI Sumbar) dan Amril Amir (Ketua DHD 45 Sumbar).

Baca juga: Sejarah dan Asal Usul Peristiwa Situjuah, Bukti Jiwa Patriot Masyarakat Sumbar

Dikatakan, Belanda melakukan penyerangan di Nagari Situjuah, Lima Puluh Kota, Sumbar, sehingga ada 69 pejuang yang gugur dalam peristiwa tersebut, termasuk salah satunya Khatib Sulaiman.

"Kita semua berharap, semangat perjuangan sosok pemuda Khatib Sulaiman dapat dihargai jadi pahlawan nasional, bukan hanya sekadar nama jalan saja seperti saat ini,"harap Nasrul Abit.

Selanjutnya, dia juga menegaskan, seminar ini mesti merumuskan adanya langkah-langkah yang bisa memperjuangkan kisah heroik semangat pejuang Khatib Sulaiman jadi pahlawan nasional.

"Kita berharap, Khatib Sulaiman diputuskan secara resmi oleh negara menjadi pahlawan nasional, bagian dari semangat juang bela negara yang telah ditetapkan bangsa ini," harap Nasrul Abit.

Baca juga: Presiden: PDRI Lahir Mengisi Kekosongan Pemerintahan

Ketua Ketua Yayasan Khatib Sulaiman, Sudarman Khatib Datuak Babangso mengatakan, seminar nasional merupakan kegiatan dari Yayasan Khatib Sulaiman, yang salah satunya mengenang 70 tahun gugurnya Khatib Sulaiman pada 15 Januari 1949, bersama 68 pejuang kemerdekaan lainnya, yang dikenal dengan Peristiwa Situjuah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: