KI Nobatkan PDIP Sumbar Paling Transparan, Ini Faktornya

Selasa, 11 Desember 2018, 18:35 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
KI Nobatkan PDIP Sumbar Paling Transparan, Ini Faktornya
Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman.

VALORAnews -- Komisi Informasi (KI) Sumbar, menilai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai politik (parpol) paling transparan di Sumbar. Sehingga, partai berlambang banteng moncong putih itu dinobatkan sebagai peringkat I dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Sumatera Barat 2018 kategori partai politik.

Ketua PDI Perjuangan Sumbar, Alex Lukman menyebutkan, transparansi partai politik (Parpol) merupakan sebuah keniscayaan. Tak zamannya lagi, sebuah Parpol menyembunyikan kinerjanya ke publik.

"Sudah seharusnya parpol transparan dan membuka diri ke masyarakat. Jika tidak, bagaimana mungkin masyarakat akan memercayai Parpol. Keterbukaan inilah yang paling kami pegang teguh di PDI Perjuangan," kata Alex yang dihubungi secara terpisah, Selasa (11/12/2018).

Sementara, Wakil Ketua DPD PDIP Sumbar, Yenni S Tanjung yang mewakili Alex Indra Lukman menerima penghargaan ini menyebutkan, tahun 2018 ini, merupakan kali keempat PDIP Sumbar menerima anugerah keterbukaan dari Komisi Informasi.

Baca juga: PDI Perjuangan Raih 1 Kursi DPR RI dari Sumatera Barat, Alex: Mohon Doa dan Kritiknya

"Di 2015, kami meraih peringkat III, 2016 peringkat II, 2017 peringkat I dan 2018 kami kembali meraih peringkat I," kata Yeni S Tanjung usai menerima award tersebut.

Menurut Yeni, keterbukaan parpol merupakan suatu keharusan. Masyarakat memiliki hak untuk mengetahui segala kegiatan yang terjadi di tubuh parpol, mulai dari visi dan misi ke depan, kinerja pengurus parpol, hingga paling penting, anggaran partai terutama yang dibantu oleh negara atau pemerintah daerah.

"Di PDI Perjuangan, kami memiliki kebijakan yang mewajibkan setiap elemen kepengurusan partai, baik di provinsi maupun kabupaten/kota, untuk membuka diri ke masyarakat," terangnya.

Di kantor DPD PDIP Sumbar, terangnya, terdapat Ruangan Informasi dan Dokumentasi (Ruindok) yang disediakan untuk publik yang ingin mengetahui seluk beluk partai. "Siapa saja yang ingin tahu dan butuh informasi apapun mengenai PDIP Sumbar, bisa mencari tahu di situ," ujarnya.

Baca juga: Pemilu 2024; PKB, Nasdem dan PDIP Cetak Sejarah di Perebutan Kursi DPR RI Dapil 1 Sumatera Barat

Yeni menambahkan, sikap terbuka yang ditunjukkan oleh PDIP secara tidak langsung berdampak pada meningkatnya elektabilitas PDIP di Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: