Sumbar Urutan 4 Destinasi Wisata Halal Indonesia

Sabtu, 08 Desember 2018, 21:22 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Urutan 4 Destinasi Wisata Halal Indonesia
Panitia melaporkan kegiatan pada acara Kementerian Pariwisata The Inaugural Report of Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018, Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat siang (7/12/2018). (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sumatera Barat masuk 10 besar sebagai daerah Destinasi Wisata Halal di Indonesia, namun belum beruntung masuk 3 (tiga) besar terbaik nasional. Sumbar meraih nilai 55, berdasarkan hasil Report Of Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018 sehingga berada pada posisi empat nasional.

Hasil report IMTI 2018, rangking 1 ditempati Nusa Tenggara Barat (Lombok) dengan nilai 58, rangking 2 Provinsi Aceh dengan nilai 57 dan rangking 3 DKI Jakarta dengan nilai 56.

"Potensi destinasi Wisata Halal Sumbar untuk menjadi yang terbaik di Indonesia sangat besar, namun hari ini kita menyadari banyak hal yang mesti kita benahi bersama," ungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit disela-sela penyerahan award.

"Soal sertifikasi makanan halal bagi setiap restoran, pelayan hotel halal serta memaksimalkan potensi tempat ibadah Masjid Raya Sumatera Barat lebih bermakna sebagai magnet perhatian di Padang," tambah Nasrul Abit disela-sela acara IMTI 2018 yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jumat siang (7/12/2018).

Baca juga: DPRD Kalimantan Tengah Gali Kiat Sumbar Kembangkan Sektor Pariwisata, Ini Penjelasan Raflis

Dikatakan Nasrul Abit, hasil ini akan bahas dengan OPD terkait serta lembaga instansi yang termasuk dalam mendorong destinasi wisata halal di Indonesia.

"Untuk lebih maju dan meningkatkan kunjungan wisata, tentu butuh komitmen bersama-sama pemerintah dan stekholder melakukannya. Potensi besar Sumatera Barat dalam destinasi wisata tanpa dukungan dan kerjasama semua pihak tentu tidak akan berhasil dengan baik," terangnya.

Jika Sumbar mampu menumbuh kembangan destinasi wisata halal dengan baik, terangnya, tentu kunjungan wisatawan mancanegara akan meningkat pula yang berdampak akan produktifitas masyarakat akan lebih baik dan sejahtera.

"Kita berharap, suatu saat destinasi wisata halal Sumbar dapat menjadi yang terbaik di Indonesia, karena itu bagian dari proses kerja bersama untuk kemajuan Sumatera Barat," ujar Nasrul Abit.

Baca juga: Sosper No 1 Tahun 2020, Imral Adenansi Jelaskan Kewajiban Pemerintah Daerah di Pariwisata Halal

Nasrul Abit menambahkan, saat ini target kunjungan wisata nusantara itu 9 juta orang, sementara wisata mancanegara 65.000 orang. Banyak orang yang berkeinginan ke Sumatera Barat, keindahan alam, kuliner, budaya serta karakter masyarakatnya yang religi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: