LK3 Padangpariaman Roadshow ke Pelajar SMP dan SMA

Senin, 05 November 2018, 20:54 WIB | Kabar Daerah | Kab. Padang Pariaman
LK3 Padangpariaman Roadshow ke Pelajar SMP dan SMA
Sekretaris Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Padangpariaman, Amril, Senin (5/11/2018), memberikan sambutan pada roadshow sosialisasi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Saiyo Sakato Padangpariaman, di SMPN

VALORAnews - Banyaknya perilaku menyimpang dalam sebuah keluarga, hendaknya disikapi dengan memperkuat fungsi dari keluarga itu sendiri. Pasalnya, pada masa ini mendidik seorang remaja ini merupakan tantangan besar, sehingga pentingnya kewaspadaan dari keluarga.

Demikian diungkapkan Sekretaris Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Padangpariaman, Amril, Senin (5/11/2018), pada pembukaan roadshow sosialisasi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Saiyo Sakato Padangpariaman, di SMPN 1 Sintuak Toboh Gadang.

Hadir Kasi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinas Sosial P3 Nuzirwan, Kepala SMPN 1 Sintoga Deswiyanti, Bendahara LK3 Mira Putri. Sedangkan peserta yang hadir utusan pelajar SMP, SMA, SMK, MAN di Kecamatan Lubuk Alung dan Sintuak Toboh Gadang yang didampingi guru pembimbingnya.

Menurut Amril, maraknya perlakuan menyimpang saat ini terutama dikalangan remaja. Seperti anak berhadapan dengan hukum, korban narkoba dan tidak tertutup kemungkinan perilaku menyimpang remaja seperti anak berhadapan hukum, korban narkotika dan LGBT.

Baca juga: Momentum Imlek 2574, Buku Tragedi Kanso, Trauma Etnisitas Cina di Pariaman 1945 Diluncurkan

"Penyimpangan perilaku tersebut tidak terlepas dari peran sosial masyarakat di sekitarnya, termasuk orang-orang terdekat. Misalnya, bila anak laki-laki dibiasakan bermain boneka sejak kecil, akan membentuk jiwa feminim dan sebaliknya," kata Amril.

Dikatakan, LBGT menuai banyak perhatian sosial dan kontra terhadap adanya komunitas ini. Namun LBGT juga merupakan seorang manusia yang normal dan tidak merugikan sekitarnya, sehingga apa pun pilihan mereka untuk menentukan identitas diri tidaklah sebaiknya dihina atau dikucilkan.

"Mereka perlu dukungan positif dan rasa kasih sayang yang membantu sehingga bisa menemukan identitas yang benar dan tidak menyimpang," kata Amril.

Sekretaris LK3 Padangpariaman, Armaidi Tanjung menyebutkan, berbagai masalah sosial remaja yang terjadi saat ini. Di antaranya adalah tawuran di kalangan pelajar, pergaulan bebas, perkosaan, penyalahgunaan narkoba, menyontek, mabuk-mabukan, bolos dari sekolah, anak berhadapan dengan hukum dan candu game.

Baca juga: NU Sumbar Minta PMII Padang Tingkatkan Pengkaderan

"Fungsi utama remaja adalah belajar. Sehingga remaja menjauhi perilaku yang menjadi masalah sosial remaja tersebut. Remaja yang sedang belajar di tingkat SMP dan SMA/SMK merupakan tunas-tunas bangsa yang menjadi masa depan bangsa, negara dan agama," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: