Tokoh Sumbar Galang Donasi untuk Palu Lewat Gerakan Rp10 Ribu

Selasa, 02 Oktober 2018, 19:20 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Tokoh Sumbar Galang Donasi untuk Palu Lewat Gerakan Rp10 Ribu
Rektor UNP selaku Ketua Gemini Lalu Sumbar, Ganefri bersama sejumlah tokoh di Sumbar, meluncurkan gerakan Rp10.000, dalam jumpa pers di Padang, Selasa (2/10/2018). Gerakan penggalangan dana ini untuk membantu korban gempa disertai tsunami di Palu, Sulteng
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Apabila tangan kiri merasakan sakit maka tangan kananlah yang mengobatinya. Begitulah yang dilihatkan pemerintah daerah dan masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar) menyikapi musibah bencana gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) disertai tsunami yang menerpa beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/9/2018).

Akibat bencana alam itu, setidaknya telah mengakibatkan permukiman penduduk serta infrastruktur pemerintah dan lainnya pun rusak parah. Terlebih, dari informasi terakhir Ahad (30/9/2018), Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwonugroho menyebutkan korban tewas saat ini mencapai 832 orang, dengan terbanyak di Palu yakni 821 orang dan di Donggala 11 orang.

Sementara, ratusan orang luka-luka dan jumlah pengungsi sebanyak 59.450 jiwa yang terpapar di 109 titik.

"Kami dari Gerakan Minang Berbagi untuk Donggala dan Palu atau disingkat Gemini Lalu, menggelar penggalangan dana untuk membantu mengurangi beban penderitaan saudara-saudara kita di sana. In Syaa Allah, semoga niat baik kita ini berjalan maksimal dan sesuai dari yang diharapkan," sebut Rektor UNP Ganefri selaku Ketua Gemini Lalu Sumbar, dalam jumpa pers di Padang, Selasa (2/10/2018).

Baca juga: PWNU Sumbar Berikan Penghargaan ke Irjen Suharyono di Hari Santri 2023, Mahyeldi: Santri Mesti Berperan Wujudkan Indonesia Emas 2045

Jumpa pers ini ditandai dengan aksi gerakan Rp10.000 yang dimaksud dimulai mengeluarkan bantuan minimal sebesar Rp10 ribu tiap orang di 19 kabupaten/kota se-Sumbar. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Guspardi Gaus, Rektor UNP selaku Ketua Gemini Lalu Sumbar, Walikota Padang diwakili Sekda Asnel, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, Ketua MUI Kota Padang Duski Samad, Rektor Universitas Bung Hatta, Azwar Ananda serta beberapa tokoh masyarakat Sumbar seperti H Boy Lestari Dt Palindih, Fachrul Rasyid HF dan lainnya.

Ganefri menjelaskan, Gemini Lalu ini merupakan gerakan hati nurani dari masyarakat Sumbar yang diinisiasi beberapa pihak dan didukung pemerintah daerah serta perguruan tinggi dan tokoh masyarakat se-Sumbar.

"Saya kira, ini merupakan bagian dan tanggung jawab kita sebagai warga Sumbar terhadap sesama warga negara Indonesia. Yang mana sebelumnya kita sudah merasakan bagaimana musibah seperti gempa ini melanda daerah kita. Sekarang hal itu dialami pula oleh saudara-saudara kita yang ada di Palu, Donggala dan beberapa daerah lainnya di Sulawesi Tengah," tuturnya.

Dikatakannya, memang sudah kewajiban bagi warga Sumbar untuk bisa berbagi dari yang beruntung dari sisi ekonomi agar menyumbangkan sebahagian hartanya baik dalam bentuk zakat, infak dan sedekah serta berbagai bentuk bantuan lainnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar bersama Rektor UNP Usulkan Pengembangan RSAM Bukittinggi, Ini Alasannya

"Kami memohon izin dan mengimbau seluruh masyarakat Sumbar, semoga dapat saling memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian bumi Ranah Minang kepada saudara-saudara kita di Sulteng yang saat ini tengah membutuhkan uluran bantuan," harapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024