Mahyeldi Ceritakan Tradisi Serak Gulo Saat Temui Kedubes India

Sabtu, 29 September 2018, 19:03 WIB | News | Kota Padang
Mahyeldi Ceritakan Tradisi Serak Gulo Saat Temui Kedubes India
Walikota Padang, Mahyeldi berdialog dengan Duta Besar India untuk Indonesia, Mr Pradeep Kumar Rawat didampingi Mr Prakash Gupta (Deputy Chief of Mission), di kantor Indian Embassy Jalan Rasuna Said Jakarta, Kamis (27/9/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Duta Besar India untuk Indonesia, Mr Pradeep Kumar Rawat didampingi Mr Prakash Gupta (Deputy Chief of Mission) menyambut kedatangan Walikota Padang, Mahyeldi yang didampingi Kepala DPMPTSP Rudy Rinaldy dan Kabag Kerjasama Erwin di kantor Indian Embassy Jalan Rasuna Said Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Kunjungan kehormatan (courtesy call) tersebut, sebagai penjajakan awal kerjasama sister city Pemko Padang dengan salah satu kota di India yang cocok dan sepadan dengan Kota Padang.

Pada pertemuan tersebut, Mr Pradeep menyampaikan penghormatan dan penghargaan atas prakarsa dan inisiatif Walikota Padang, untuk menjalin kerjasama yang lebih dekat dan konkrit dengan Pemerintah India.

Dijelaskan, pemerintah India telah menjalin kerjasama dengan Indonesia melalui program beasiswa (scholarship). Program pertama, ditujukan bagi pegawai pemerintah dengan jumlah kuota sebanyak 125 orang setiap tahunnya, dengan persyaratan sudah bekerja minimal 5 tahun di instansi pemerintah dengan umur di bawah 45 tahun.

Baca juga: Masuk Kategori WBTbI, Mahyeldi Minta Perayaan Serak Gulo Tahun 2024 Berbentuk Festival

Program kedua, ditujukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan S2 atau S3, baik jurusan teknik maupun non teknik di 50 PTN/PTS yang ada di India.

Dikesempatan itu, Mr Pradeep juga menawarkan kerjasama di bidang kebudayaan. Dimana, Kedubes India setiap tahun menyelenggarakan Indian Cultural Week di Kota Bandung, Malang dan Semarang yang sudah berlangsung selama 3 tahun terakhir.

Iven yang berlangsung selama seminggu penuh itu berisi kegiatan-kegiatan seperti seminar, pertunjukan seni dan budaya, festival kuliner India, pameran foto dan lukisan serta pemutaran film India.

Selain itu, kerjasama di bidang kesehatan juga ditawarkan Mr Pradeep dalam bentuk pertukaran tenaga medis atau dokter spesialis. Mr Pradeep mengatakan, bahwa Pemerintah India memiliki keinginan dan perhatian yang besar umtuk berbagi ilmu dan pengalaman dibidang teknologi kedokteran, terutama dalam penanganan dan pengobatan pasien.

Baca juga: Peserta Tradisi Serak Gulo Meningkat, Mahyeldi: Tahun Depan Agendanya Ditambah

Tawaran kerjasama Mr Pradeep itu disambut baik Mahyeldi. Dikatakan, Indian Cultural Week akan digelar dalam rangkaian iven seni dan budaya tahunan di Kota Padang, seperti acara "serak gulo" yang diadakan setiap 1 Jumadil Akhir yang merupakan iven untuk mengenang hari kelahiran salah seorang penyebar agama Islam di Kota Padang asal India, Souhul Hamid.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: