Gubernur Lantik 7 Anggota KPID Sumbar, Afriendi Terpilih jadi Ketua

Jumat, 24 Agustus 2018, 17:59 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Gubernur Lantik 7 Anggota KPID Sumbar, Afriendi Terpilih jadi Ketua
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengambil sumpah 7 orang anggota KPID Sumbar, Jumat (24/8/2018) di aula kantor gubernur Sumbar. Afriendi (paling kiri) akhirnya terpilih jadi ketua melalui mekanisme voting. (humas)

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, melantik tujuh orang anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar periode 2018-2021 di aula kantor gubernur, Jumat (24/8/2018). Dalam rapat pleno perdana, Afriendi terpilih sebagai ketua melalui mekanisme pemilihan (voting).

"Alhamdulillah, teman-teman mempercayakan saya jadi ketua melalui mekanisme voting. Kedepan, kita butuh dukungan banyak pihak, terutama pemerintah daerah dan DPRD provinsi, terutama dalam hal penganggaran," ungkap Afriendi usai terpilih.

KPID Sumbar kedepan, terang Afriendi yang juga tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Sumbar ini, akan fokus pada penguatan kelembagaan dan pengawasan isi siaran.

"Saat ini, kita tengah berada di tahun politik. Dalam konteks siaran politik, lembaga penyiaran harus memperlihatkan netralitasnya, karena frekuensi itu pada dasarnya adalah milik publik, maka harus dimanfaatkan untuk kepentingan publik," tegasnya.

Baca juga: Afriendi Sikumbang Terpilih Aklamasi Pimpin IKA PMII Sumbar

Afriendi juga berharap, masyarakat tetap bersama KPID Sumbar mengawasi media penyiaran dan melaporkan jika ada potensi pelanggaran konten siaran di lembaga penyiaran di Sumatera Barat. "Bersama, kita wujudkan siaran sehat," ungkap Afriendi yang tengah studi program doktoral (S-3) di Fakultas Hukum Unand itu.

Pada rapat pleno pemilihan ketua itu, tiga dari tujuh orang anggota menyatakan akan maju sebagai kandidat ketua. Yaitu Afriendi, Jimmy Syahputra Ginting dan Melani Friati. Dalam pemilihan, Afriendi meraih 4 suara, Jimmy Syahputra Ginting (2 suara) dan Melani Friati (1 suara).

Rapat kemudian menyepakati, posisi ketua dijabat Afriendi dengan wakil ketua Yumi Ariyati. Kemudian, Ketua Bidang Isi Siaran dipercayakan pada Melani Friati dengan anggota Robert Cenedy. Lalu, Ketua Bidang Perizinan diamanahkan ke Andres. Selanjutnya, Ketua Bidang Kelembagaan, Mardhatillah dengan anggota Jimmy Syahputra Ginting.

Informasi Layak

Baca juga: Afriendi Sikumbang Lantik 16 Advokat Baru APSI Sumbar

Sementara, Irwan Prayitno sewaktu melantik mengharapkan, ketujuh orang anggota KPID Sumbar yakni Afriendi, Robert Cenedi, Andres, Jimmy Syah Putra Ginting, Melani Friati, Mardhatilah dan Yuni Ariati, dapat menjalankan tugas dan kewajiban KPID secara baik.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: