Inilah Penumpang dan Kronologis KM Alyysa Dihantam Gelombang

Sabtu, 04 Agustus 2018, 06:12 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Inilah Penumpang dan Kronologis KM Alyysa Dihantam Gelombang
Kapolres Mentawai, AKBP Hendri Yahya, Basarnas dan tim evakuasi lainnya, di dermaga Tuapeijat, membicarakan proses evakuasi KM Allysa yamg dilaporkan dihantam badai, Jumat (4/8/2018). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - KM Alyssa yang berangkat dari Padang, Kamis (2/8/2018) sekitar pukul 21.00 WIB, mengantongi surat persetujuan berlayar (SPB) ke Tua Peijat. Tak diketahui pasti, kapal ini malah akhirnya berlayar menuji Sikakap.

"Saat mengurus SPB, syahbandar sudah melarang berlayar ke Sikakap karena cuaca buruk/ekstrim. Namun pihak Nahkoda/keagenan kapal memaksa untuk tetap berangkat dengan membuat surat pernyataan," terang Kapolres Mentawai, AKBP Hendri Yahya, Sabtu (4/8/2018).

Dijelaskan, pada hari Jumat (3/82018) pukul 08.00 WIB, KM Allysa berangkat dari Sikakap menuju Katiet, Kec. Sipora Selatan. Namun pada pukul 11.30 WIB, Kapal diterjang ombak dan badai kecepatan angin menurut BMKG Teluk Bayur Padang antara 10-20 Knot (18,5 - 37 km/jam) yang bertiup dari arah tenggara.

Angin tersebut dikategorikan sebagai angin sangat kencang, sedangkan tinggi gelombang sebesar 0,5 - 2,0 meter sehingga air masuk ke KM. Alyssa,. ABK berusaha untuk mengeluarkan air dengan 7 buah alkon/pompa air namun tidak dapat diatasi.

Baca juga: Tim PKM-MNM Unand Latih Warga Dua Desa di Mentawai Pengolahan Pisang dan Talas

Selanjutnya, terang AKBP Hendri, Nahkoda KM. Alyssa, Irwanto Leo, meminta arahan dan petunjuk Kawilker Syahbandar Muara Padang, Nasyirwan menerima panggilan radio melalui Stasiun Radio Operasi Pantai (SROP).

"Saat itu, seluruh ABK dan penumpang menggunakan Swimvest untuk menunggu datangnya kapal bantuan," terangnya.

Pada pukul 14.30 WIN, KN Ramawijaya milik Basarnas menuju lokasi kapal KM Alyssa untuk memberikan pertolongan kepada ABK dan penumpang kapal KM Alyssa.

Pukul 16.30 WIB, KN Ramawijaya melaksanakan evakuasi terhadap para korban dan menarik kapal KM Alyssa menuju pelabuhan Tuapeijat namun diperjalanan mengalami trouble mesin.

Baca juga: Pimpinan Sementara DPRD Mentawai Konsultasikan Hak dan Kewenangan dengan Sekretaris DPRD Sumbar

"Pada Jumat (3/8/2018) pukul 11.30 WIB, Syahbandar Muara Padang menerima panggilan SROP dari Irwanto Leo bahwa kapal KM. Alyssa dengan bobot 90 GT akan tenggelam akibat cuaca buruk di koordinat 0201'54"S-10010'10"E," ungkap AKBP Hendri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: