Lomba Bercerita Rangsang Kreatifitas Anak untuk Berinovasi

Rabu, 18 April 2018, 20:25 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Lomba Bercerita Rangsang Kreatifitas Anak untuk Berinovasi
Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan foto bersama dengan peserta Lomba Bercerita di aula kantor bupati Limapuluh Kota, Selasa (17/4/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Memeriahkan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-177, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mengadakan lomba bercerita tingkat SD/MI. Kegiatan itu dibuka Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan dengan mengusung tema 'Kita Tingkatkan Kualitas Kehidupan Beragama Beradat dan Berbudaya.'

Lomba ini tampak dihadiri pemerhati Budaya dan Pendidikan, Joko Koentono dan Catherin Moya, Asisten Pemerintahan, Dedi Permana, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Radimas, Dewan Juri dan para Guru Pendamping. Kegiatan ini digelar di aula kantor bupati Limapuluh Kota, Selasa (17/4/2018).

Dalam sambutannya, Ferizal Ridwan berharap, dengan diadakannya Lomaba bercerita ini dapat merangsang anak didik agar gemar membaca, setelah itu menghayatinya dan kemudian bisa untuk menceritakannya.

"Kemampuan bercerita merupakan pengetahuan tingkat ketiga dalam pendidikan, karena sebelum anak didik bisa bercerita, terlebih dahulu mereka harus bisa membaca, kemudian memahami, dan baru menceritakan," terang Ferizal.

Baca juga: Ranperda RPJPD 2025-2045 masih di Kemenkuham, DPRD Limapuluh Kota Konsultasi ke DPRD Sumbar

Di samping itu, Ferizal Ridwan juga mengatakan bahwa Lomba Bercerita ini merupakan suatu proses pendidikan yang bisa memberikan evek positif bagi anak didik.

"Tujuan dasar pendidikan hari ini salah satunya ialah membentuk anak didik yang kritis dan mampu mengkritik, dengan adanya kebebasan berfikir itulah akan melahirkan generasi yang penuh dengan ide dan inovasi," terangnya.

Ferizal juga menambahkan, dalam merangsang minat siswa untuk gemar membaca, bercerita, berkreasi dan berinovasi, sebaiknya anak didik bisa diperkenalkan langsung dengan tokoh ataupun tempat cerita itu berlangsung.

"Agar mereka bisa bercerita, berkreasi dan berinovasi, dan cinta akan budaya bangsa tak ada salahnya tahun depan Lomba Bercerita ini kita adakan di tempat terbuka, ataupun di tempat-tempat bersejarah, seperti di Lurah Kincia, Rumah Tan Malaka, atau di Makam H. Piobang dan sebagainya," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Radimas dalam laporan panitia mengatakan, tujuan kegiatan ini ialah dalam rangka menarik minat budaya baca anak dan kecintaan akan budaya Bangsa.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024