Yurnaldi Luncurkan Buku Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax

Selasa, 06 Februari 2018, 23:51 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Yurnaldi Luncurkan Buku Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax
Cover buku "Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax," karya Yurnaldi, komisioner Komisi Informasi Sumbar. (istimewa)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemegang Kompetensi Wartawan Utama Dewan Pers, Yurnaldi, beri kejutan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018. Ditengah kesibukan Yurnaldi sebagai Komisioner Komisi Informasi Sumbar, mantan Wartawan Kompas ini tidak berhenti berkarya.

Bahkan, dia yang juga dikenal sebagai salah seorang penyair Indonesia asal Sumatera Barat, memaknai Hari Pers Nasional 2018 dengan menerbitkan buku berjudul "Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax".

"Buku tersebut baru selesai cetak Selasa (6/2/2018) ini dan diharapkan bisa jadi bahan bacaan wartawan Indonesia yang hadir di Kota Padang pada acara puncak HPN 2018 dihadiri Presiden Joko Widodo," ujar Yurnaldi ke wartawan di Padang.

Buku tersebut juga direncanakan Yurnaldi selaku penulis, untuk diserahkan langsung ke Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Teknis Pelaksanaan HPN 2018 Dimatangkan

"Saya pingin kasihkan langsung buku ini ke Pak Presiden Jokowi, saat hadir di Padang pada puncak HPN 2018," ujar Yurnaldi dengan facebook name, yurnaldi paduka raja.

Menurut Yurnaldi, buku adalah mahkota wartawan. Buku adalah karya tertinggi dan terpenting seorang wartawan.

"Wartawan profesional mesti menulis buku, agar terus menjadi wartawan yang diperhitungkan. Apalagi buku-buku tentang jurnalistik sangat minim, makanya akibat kekurangan bacaan banyak wartawan terperangkap pada perilaku wartawan yang tak sesuai etika profesi dan maraknya berita hoax akhir-akhir ini, yang sangar meresahkan masyarakat, bangsa dan negara," ujarnya di kantor Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat.

Yurnaldi selama 32 tahun berkarir di dunia wartawan, sudah menulis puluhan buku, baik karya kompilasi, menulis bersama dengan wartawan lain, maupun menulis buku sendiri. Khusus buku-buku jurnalistik, buku yang sudah beredar luas sebelumnya dan menjadi referensi wartawan dan dunia perguruan tinggi antara lain buku Kiat Praktis Jurnalistik, Jurnalistik Siap Pakai, Foto Jurnalistik dan Kaya dengan Foto, Jawara Menulis Artikel, dan Jurnalisme Kompas. Dan yang sekarang baru terbit adalah buku Kritik Presiden dan Jurnalisme Hoax.

Baca juga: Burung Kuaw Diusulkan jadi Maskot HPN 2018

Tidak hanya dikenal sebagai penulis buku, mantan Pemimpin Redaksi Harian Vokal Sumsel dan Riau Hari Ini serta pernah jadi konsultan konten media di harian Singgalang dan Haluan Media Group (Haluan, di Padang; Haluan Riau di Pekanbaru, dan Haluan Kepri di Batam), juga dikenal sebagai mentor yang sudah melatih ribuan calon wartawan, wartawan dan redaktur di berbagai kota di Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: