Pengurus SOIna Sumbar Dikukuhkan

Selasa, 16 Januari 2018, 23:38 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pengurus SOIna Sumbar Dikukuhkan
Wagub Sumbar, Nasrul Abit dt Malintang Panai, foto bersama dengan pengurus SOIna Sumbar yang dikukuhkan di aula gubernuran Sumbar, Senin (15/1/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Setelah vakum 8 tahun, Kepengurusan Special Olimpics Indonesia (SOIna) Sumatera Barat, kembali dikukuhkan dan dilantik di auditorium gubernur Sumbar, Senin (15/1/2018).

"Ini merupakan langkah bagus. Setelah lama vakum kepengurusan SOIna kembali dikukuhkan dan dilantik. Sehingga nanti adanya SOIna dapat mengandeng penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita, untuk bisa diterima dan dihargai masyarakat melalui prestasi olahraga," ujar Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat pengukuhan.

Untuk itu perlunya dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga, baik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memfasilitasi dalam bentuk sarana dan prasarana untuk menunjang SOIna mengembangkan bakat anak-anak penyandang disabilitas ini sehingga dapat berkarya.

"Kepengurusan SOIna perlu difasilitasi oleh dinas terkait di tingkat kabupaten/kota sekaligus bersinergi dengan Pengurus Daerah. SOIna amat perlu dibentuk kepengurusan di tingkat kabupaten/kota," imbau Nasrul Abit.

Baca juga: PESODA 2024, Atlet Bukittinggi Raih Emas Cabor Lempar Roket

Nasrul Abit juga mengungkapkan rasa bangga pada guru maupun pelatih anak disabilitas ini. Berkat para guru dan pelatih, anak disabilitas ini terus bersemangat dan dapat melahirkan prestasi dibidang yang mereka tekuni.

"Ini semua tidak lepas dari perjuangan guru dan pelatih untuk mendidik mereka dengan sabar. Sehingga, anak-anak ini dapat melahirkan prestasi, untuk nama baik di daerah dalam kegiatannya," katanya.

Nasrul Abit juga menyampaikan selamat bertugas kepada pengurus SOIna Sumbar, atas pengukuhan hari ini. "Semoga kepengurusan ini akan menjadi inspirasi bagi keberadaan SOIna di Kabupaten, kota di Sumbar," harap dia.

Sementara itu, Wakil Ketua SOIna pusat bidang Organisasi, Wiyono Punco Winoto menyebutkan, ada 11 cabang olahraga dan delapan program pendukung SOIna yang bisa dimanfaatkan penyandang untuk mengaktualisasi diri.

Baca juga: Atlet Bulutangkis SOIna Sumbang 2 Emas untuk Kontingen Bukittinggi, Ini Kata Fiona Agyta

"Sebelas cabang olahraga itu masing-masing atletik, badminton, tenis meja, sepak bola, basket, renang, bocce, volly, bola tangan, bowling dan gimnastik," katanya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: