Warga Pandam Gadang Ingin Patung 9 Syuhada Titian Dalam Dibangun

Kamis, 11 Januari 2018, 23:35 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Warga Pandam Gadang Ingin Patung 9 Syuhada Titian Dalam Dibangun
Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, Plt Sekdakab Limapuluh Kota, H Taufik Hidayat, anggota DPRD serta unsur Forkompimda dan berbagai elemen masyarakat lainnya, melakukan tabur bunga mengenang peristiwa gugurnya 9 syuhada di Titian Dalam Nagari Pa
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Warga Nagari Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, mengharapkan pembangunan patung sembilan syuhada yang gugur dalam peristiwa Titian Dalam, 10 Januari 1949. Selain itu, mengharapkan para pejuang dalam rangkaian sejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) itu ditetapkan jadi pahlawan PDRI.

Hal itu disampaikan tokoh masyarakat Pandam Gadang, Rusli Said Dt Rajo Imbang ketika menyampaikan lintas sejarah peristiwa gugurnya 9 Syuhada pejuang PDRI di Titian Dalam, pada rangkaian acara peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada Titian Dalam di makam para pejuang itu, Rabu (10/1/2017).

"Kami berharap, agar di lokasi makam ini dibangun patung para syuhada yang gugur dalam peristiwa Titian Dalam, yang menujuk ke Jembatan Titian Dalam. Di samping itu juga dibuat prasasti yang bertuliskan nama-nama dan gambaran perjuangan para syuhada tersebut," papar Rusli.

Dikatakan, kesembilan syuhada itu, merupakan orang yang berperan sangat penting dalam keberlangsungan Republik ini. Kalau mereka tidak membuat gangguan terhadap pasukan Belanda yang akan melakukan penyerbuan ke pusat PDRI di Koto Tinggi, barangkali para pemimpin PDRI akan tertangkap oleh para penjajah saat itu.

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

Dengan adanya patung tersebut, lanjut Rusli, ia berharap generasi muda akan lebih mengenal para pejuang PDRI di Titian Dalam yang telah mengorbankan nyawanya bagi negeri ini. Selain itu, dengan adanya patung, orang juga akan lebih mengenal nagari Pandam Gadang sebagai negeri yang berkontribusi dalam sejarah perjuangan Republik Indonesia tempo dulu.

Dipaparkan, para syuhada yang gugur di Titian Dalam itu adalah Syarif MP, Engku Kayo Zakaria, Dirin, Nuin, Radian, Manus, Nyik Ali, Abas dan Mak Dirin. Para pejuang itu gugur, karena dihujani Belanda dengan tembakan ketika berusaha merusak jembatan Titian Dalam, agar pasukan Belanda tidak bisa masuk ke Koto Tinggi tempat para pimpinan PDRI.

Meski hanya bersenjatakan kampak, namun salah seorang pejuang itu, Syarif MP, berhasil membunuh seorang tentara Belanda dengan kampaknya.

Hal senada juga dilontarkan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan. Dalam sambutannya, Ferizal mengatakan, perjuangan para syuhada itu merupakan bagian dari penyelamatan Republik Indonesia.

Baca juga: Semangat Kepahlawanan harus Tetap Menyala

"Ini peristiwa besar dan merupakan bagian dari penyelamatan Republik Indonesia. Peristiwa tersebut merupakan salah satu kejadian heroik dalam rangkaian sejarah hari bela negara," ujar Ferizal.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: