Gubernur Sumbar Raih Penghargaan Pembina Peduli HAM 2017

Senin, 11 Desember 2017, 10:36 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Gubernur Sumbar Raih Penghargaan Pembina Peduli HAM 2017
Presiden RI, Joko Widodo memberikan arahan pada peringatan Hari Ham se-Dunia ke-69 di Kota Solo, Jawa Tengah, Ahad (10/12/2017). Di kesempatan itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meraih penghargaan kategori Pembina Kabupaten dan Kota Peduli HAM. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menerima penghargaan dari Kementrian Hukum dan HAM RI, kategori Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Azazi Manusia (HAM) 2017. Penyerahan dilakukan Presiden RI, Joko Widodo di Kota Solo, Jawa Tengah, Ahad (10/12/2017) saat peringatan Hari Hak Asasi Dunia ke-69.

"Alhamdulillah, saya selaku Gubernur Sumatera Barat kembali menerima anugerah penghargaan oleh pemerintah pusat. Ada 10 daerah di Sumbar yang meraih penghargaan ini," ungkap Irwan Prayitno dalam siaran pers yang diterima.

Kesepuluh kabupaten/kota se-Sumbar yang menerima penghargaan Peduli HAM itu yakni Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanahdatar, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dhamasraya, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Padangpanjang, Kota Bukittinggi, Kota Payokumbuah dan Kota Pariaman.

"Empat kabupaten.kota lagi menerima predikat Cukup Peduli HAM yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Agam dan Kabupaten Limapuluh Kota," terang Irwan.

Baca juga: Tarhib Ramadhan Bersama Forum Silaturahim Majelis Taklim, Nevi: Jaga Keikhlasan Siang dan Malam

Adapun kriteria penilaian menurut Permenkumham No 34 Tahun 2016 adalah, terpenuhinya 6 kategori yaitu hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan

"Kriteria penilaian indikator terhadap kabupaten/kota diukur berdasarkan struktur, proses dan hasil," terang Irwan.

"Saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras bupati dan walikota yang telah berkerjasama dengan Kanwil Kumham Sumbar dan Pemprov untuk penuhi kebutuhan dasar manusia yaitu HAM. Kepada 5 kabupaten yang belum memenuhi syarat, agar segera untuk penuhi pelayanan dasar tersebut," harapnya. (rls/kyo)

Baca juga: Gubernur Sumbar Sampaikan Terimakasih untuk Irdinansyah Tarmizi: Zuldafri Darma Dilantik jadi Bupati Tanahdatar

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: