Pariwara Pemkab Solok Selatan: Festival SRG akan Digelar Rutin Setiap Tahun

Kamis, 23 November 2017, 21:49 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Pariwara Pemkab Solok Selatan: Festival SRG akan Digelar Rutin Setiap Tahun
Pemenang Lomba Penulisan Essay Kegiatan Pameran Festival Saribu Rumah Gadang tingkat Sekolah Dasar, SMP dan SMA se Solok Selatan, menerima hadiah dari Bupati Solsel, Muzni Zakaria, Selasa (21/11/2017) malam. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Usai sudah pagelaran Festival Saribu Rumah Gadang (SRG) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Iven selama tiga hari, Minggu hingga Selasa (19-21/11/2017) yang digelar secara alami dengan nuansa masa lalu ini, menyita perhatian banyak pihak, bahkan setiap hari selalu ramai dikunjungi meski sempat diguyur hujan.

Festival dengan tema "Manjapuik nan tatingga, mangumpuan nan taserak, mangambang pusako lamo" ini menampilkan berbagai kesenian minang kabau, pawai budaya melibatkan nagari-nagari di Solsel. Dimana pada pawai tersebut seperti maantan bali, melati anak, tolak bala, maarak bungo lamang serta prosesi adat lainnnya.

Prosesi adat adat, seperti melaksanakan makan bajamba dengan bapulang kato sebelum proses makan dimulai. Ada juga tampilan kesenian anak nagari, seperti tari tarian, randai, saluang, batombe dan lainnya.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Bupati Solsel, H Muzni Zakaria pada saat penutupan di kawasan SRG, Selasa (21/11/2017) malam mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga perhelatan fastival yang direncakan satu bulan tersebut terlaksana dengan meriah dan sesuai dengan harapan.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak, terkhusus untuk kareografer laskar pelangi Hartati dan penggiat pariwisata Sumbar, Nofrins Napilus, atas bantuannya sehingga acara festival SRG ini terlaksana dengan meriah," ujarnya.

Dijelaskan, festival ini akan menjadi agenda tahunan Solsel, sehingga di acara selanjutnya dengan perencanaan yang matang, akan menjadi lebih meriah lagi.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: