Presiden Jokowi Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah

Selasa, 24 Oktober 2017, 21:37 WIB | Kuliner | Nasional
Presiden Jokowi Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo saat menghadiri arahan dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10/2017). (humas)

VALORAnews - Presiden Joko Widodo mengumpulkan seluruh kepala daerah dan wakilnya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10/2017). Pertemuan dengan kepala daerah se-Indonesia ini guna menyampaikan pesan-pesan dan pengarahan umum dari presiden.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono kepada media di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Senin (23/10/2017) mengatakan, untuk gubernur, bupati, wali kota seluruh Indonesia, presiden berkenan bertemu di istana untuk menyampaikan pesan-pesan pengarahan umum terkait banyak hal.

Pengarahan itu, menurut Sumarsono, juga meliputi persoalan investasi, perizinan dan berbagai isu nasional lainnya.

"Pada kesempatan tersebut tidak ada paparan dari gubernur, bupati, walikota. Paparan tunggal akan disampaikan bapak Presiden," tutur Sumarsono.

Baca juga: Stok Beras di Gudang Bulog Sumbar Surplus, Presiden Jokowi Ingatkan Ancaman Kemarau Panjang

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo mengatakan, presiden Jokowi sengaja mengundang kepala daerah se-Indonesia. "Presiden akan kumpulkan gubenur, bupati/walikota satu hari penuh untuk menjelaskan apa arah beliau, supaya arah program pembangunan berjalan dengan baik," kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo, arahan presiden jelas, yakni pemerintah daerah harus menyukseskan program pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial, sejak tahapan pemilihan presiden 2019 sampai pelantikan presiden selanjutnya.

"Secara politik, tinggal 10 bulan pengusulan calon presiden dan calon wakil presiden. Kerja pemerintah pusat dan daerah harus terlaksana dengan baik," kata Tjahjo.

"Program prioritas pemerintah pusat harus bisa dilaksanakan dengan berhasil di daerah. Termasuk program prioritas gubernur, bupati/walikota harus berjalan dengan baik," tambah dia.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Mahyeldi Naiki Mobil RI-1, Ini yang Dibicarakan Selama Perjalanan

Sampai saat ini, kata Tjahjo, masih banyak pekerjaan rumah pemerintah. Misalnya, soal pangan dan papan yang belum sepenuhnya tuntas.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: