Tumbuhkan Semangat Gotong-royong Atasi Dampak Bencana

Minggu, 24 September 2017, 14:57 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Tumbuhkan Semangat Gotong-royong Atasi Dampak Bencana
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit saat mengunjungi konban banjir bandang di Nagari Pakan Raba'a Tengah, Solok Selatan, beberapa waktu lalu. (humas)

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta agar penananganan bantuan bencana bagi korban banjir bandang di Solok Selatan, dikelola dengan baik. Sehingga, saat masyarakat membutuhkan telah tersedia.

"Kita mengimbau petugas pada posko bencana banjir bandang di Nagari Pakan Raba'a Tengah, Kecamatan KPGD, agar penanganan bantuan bencana dikelola dengan baik," katanya.

Menurutnya, persoalan bantuan ini sangat sesnsitif dan bisa memicu permasalahan. Namun, jika telah kelola dengan profesional tentu tidak akan menimbulkan masalah dilapangan.

"Yang terpenting, berikanlah kepada yang membutuhkan. Jangan sampai batuan tersebut menumpuk, apalagi tidak disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: Mahyeldi Imami Shalat Jenazah Nasrul Abit hingga Pimpin Prosesi Penguburan di Air Haji

Terkait infrastruktur yang rusak serta rumah warga yang tertimbun, kata dia, diharapkan masyarakat bergotong-royong mengatasinya sementara dan jangan semua diminta ke pemerintah.

"Selain itu, pihak Wali Nagari dan Camat harus bisa mengajak masyarakatnya bergotong-royong membersihkan material banjir bandang," pintanya.

Dia mengatakan, terkait rumah warga yang rusak bisa diusulkan bantuannya ke kementerian Sosial, PUPR ataupun CSR perusahaan, tetapi harus di invetarisir dulu berapa jumlahnya.

"Kemudian, Pemkab Solok Selatan diminta dengan secepatnya membentuk tim untuk penelusuran ke hulu sungai. Tim ini bisa melibatkan pihak TNI, Polri dan Polhut," katanya.

Baca juga: Hakim MK Putuskan Nasrul Abit-Indra Catri Tak Bisa Buktikan Sangkaan ke Paslon 04

Hal ini bertujuan, agar bisa mengantisipasi kejadian ini tidak terulang kembali. Kemudian, bisa sama-sama memerangi penebangan liar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: