Untuk Berperan Optimal, PKK Harus Tahu Program Pemerintah

Kamis, 07 September 2017, 15:50 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Untuk Berperan Optimal, PKK Harus Tahu Program Pemerintah
Ketua TP PKK Limapuluh Kota, Monalisa, memberikan arahan pada pembukaan Bimtek Gerakan PKK Tahun 2017 di pendopo rumah dinas bupati, Kamis (7/9/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pengurus TP-PKK harus memahami 10 program pokok PKK secara komprehensif. Selain itu, TP-PKK juga perlu mengetahui program-program pemerintah dan berkoordinasi dengan dinas atau instansi pemerintah.

Hal itu ditegaskan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Nevi Zuraida dihadapan Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota, Monalisa, Ketua GOW, Eka Ferizal Ridwan dan para pengurus PKK se-Kabupaten Limapuluh Kota, ketika membuka Bimtek Gerakan PKK Tahun 2017 di pendopo rumah dinas bupati, Kamis (7/9/2017).

"Agar mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara optimal, TP PKK perlu mengetahui apa yang menjadi program pemerintah, untuk berikutnya disinergikan dengan 10 program pokok PKK. Kita berharap, PKK benar-benar mampu menunjang berbagai program pemerintah," ujar Nevi.

Menurutnya, berbagai program pembangunan pemerintah membutuhkan keikutsertaan PKK seperti halnya di bidang pendidikan, sosial, kesejahteraan perempuan dan keluarga. Untuk itu, TP PPK mesti berkoordinasi dengan dinas atau instansi pemerintah. Tak kalah pentingnya, para pengurus organisasi ini harus memahami 10 program pokok PKK.

Baca juga: Bukittinggi Gelar HKG PKK Tahun 2024, Ini Pesan Wali Kota

"Kita mengajak para Ketua TP PKK kabupaten dan kota selalu berupaya melakukan kerjasama dan bermitra dengan OPD terkait untuk mengarahkan kegiatannya ke lokasi binaan PKK di setiap kecamatan," ucap Nevi.

Dikatakan, keaktifan kader sangat menentukan keberhasilan gerakan PKK. Karenanya, pengurus harus aktif turun ke PKK nagari-nagari hingga ke jorong-jorong untuk melakukan pamantauan dan pembinaan agar 10 program pokok PKK itu terlaksana.

"Kita ingin TP PKK terus melakukan pembinaan dan mendorong peran kader demi suksesnya 10 program pokok PKK. Pembinaan tersebut dilakukan secara berjenjang mulai dari TP PKK Provinsi, kabupaten, nagari hingga PKK di jorong-jorong sampai ke kelompok dasawisma secara kontiniu," tutur Nevi.

Dipaparkan, pelaksanaan Bintek hendaknya tidak hanya untuk melihat permasalahan dan mencari solusinya, namun juga menjadi ajang bersilaturahmi, membangun jembatan hati dan meningkatkan kebersamaan seluruh anggota PKK.

Baca juga: Bupati Agam dan Ketua TP PKK Hadiri Pawai Alegoris dengan Busana Adat Koto Gadang

Sebelumnya, Monalisa dalam laporannya mengatakan, selama ini pihaknya telah melakukan berbagai pembinaan dan upaya peningkatan kualitas kelembagaan PKK serta mendukung berbagai program pembangunan di daerah ini.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: