Padangpanjang Minta Dijadikan Lokasi Start TdS 2017

Rabu, 06 September 2017, 13:47 WIB | Sport | Kota Padang Panjang
Padangpanjang Minta Dijadikan Lokasi Start TdS 2017
Ilustrasi Tour de Singkarak.

VALORAnews -- Pemko Padangpanjang mengajukan permintaan agar daerah itu dijadikan sebagai salah satu lokasi start dalam ajang Balap Sepeda Internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017. Permintaan itu diajukan ke Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar).

Sekretaris Dinas Pariwisata Padangpanjang, Dalius mengatakan, usulan tersebut telah diajukan dan pihaknya tengah menunggu konfirmasi dari Dinas Pariwisata Sumbar.

"Bila PadangpPanjang berperan sebagai lokasi finish tidak banyak memberi dampak bagi daerah itu karena peserta hanya akan singgah saja," terang Dalius.

Bila jadi tempat memulainya lomba, peserta sebelumnya tentu akan menginap terlebih dulu di Padangpanjang. Hal ini pastinya akan mendukung peningkatan pendapatan hotel-hotel yang ada, di samping itu juga akan menambah perekonomian masyarakat.

Baca juga: Wagub Sumbar Wacanakan Penyelenggaraan TdS Diswastanisasi

"Contohnya sebuah hotel akan menyiapkan tempat untuk para tamu, serta para pedagang makanan tentunya akan lebih banyak konsumen membeli makanannya," ujar Dalius.

Dijelaskan Dalius, bila Padangpanjang disetujui sebagai lokasi start, maka akan dilaksanakan di ruas Jalan Sudirman atau objek wisata Mifan Water Park.

"Di TdS ini kami tidak mengajukan perubahan rute karena luas wilayah yang kecil maka jalan juga terbatas. Tiga ruas jalan utama yaitu Jalan Soekarno-Hatta, Jalan M Yamin, dan Jalan Sutan Syahrir," katanya.

Pelaksanaan TdS 2017 direncanakan pada 18 hingga 26 November 2017 sebanyak sembilan etape dengan grand start dari Batusangkar Kabupaten Tanahdatar dan grand finish di Kota Bukittinggi.

Baca juga: Ini Rute Etape TdS dan Gran Fondo 2021

Namun jumlah etape masih sangat bergantung pada kondisi kelaikan dan keamanan ruas jalan yang akan dilewati oleh pebalap. Itu bergantung pada hasil survei yang dilakukan panitia. (rls/bri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: