Tanpa Dukungan Masyarakat, Upaya Pemerintah Tak Berarti

Selasa, 30 Juni 2015, 17:42 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Tanpa Dukungan Masyarakat, Upaya Pemerintah Tak Berarti
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Riza Falepi (Wako Payakumbuh) meninjau Pasar Pabukoan di Kota Gelamai itu, jelang melakukan safari ramadhan Pemprov Sumbar di Masjid Baitul Mukmin di Jorong Bukik Apik, Kenagarian Sungai Talang, Senin (29/6/2015) ma

VALORAnews - Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Barat yang diketuai Gubernur Irwan Prayitno, mengunjungi Masjid Baitul Mukmin di Jorong Bukik Apik, Kenagarian Sungai Talang, Senin (29/6/2015).

Dalam sambutannya, Irwan mengatakan, selama ini pemerintah telah berupaya melakukan berbagai upaya perbaikan di bidang perekonomian, lapangan kerja dan lainnya. Namun, kenyataannya masyarakat masih saja banyak yang miskin dan tidak memiliki pekerjaan.

"Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin agar masyarakat tidak miskin dan memiliki pekerjaan, tapi masih saja ada masyarakat yang sulit keluar dari kemiskinan dan menganggur," ungkap Irwan.

Begitu pula dibidang pendidikan, kata Gubernur, pemerintah telah berusaha semampunya membangun sekolah, menyediakan guru, biaya operasional sekolah dan lainnya. Faktanya, masih saja ada anak yang tidak sekolah atau malas sekolah. Padahal, lokasi sekolah sangat dekat dengan rumahnya.

Baca juga: Safari Ramadhan ke Lamposi Tigo Nagari, Supardi: Masjid Tempat Terbaik Cetak Generasi Emas

Tak beda dengan pembangunan di bidang pertanian, lanjut gubernur, pemerintah telah menyediakan penyuluh, sekolah lapangan dan lainnya, tapi tidak diikuti oleh petani. Tak heran, sulit diharapkan peningkatan produksi.

"Untuk keluar dari kemiskinan itu, sangat ditentukan oleh warga itu sendiri. Pemerintah hanya bisa memfasilitasi dan membantu. Karenanya, kita mengajak masyarakat untuk berusaha keras merobah diri sendiri," papar Irwan sembari mengutip ayat al Quran yang menyebutkan Allah hanya akan mengubah hidup seseorang kecuali orang itu sendiri yang mengubahnya.

Sebelumnya, Bupati Limapuluh Kota, Alis Marajo dalam sambutanya mengakui, kehadiran gubernur disambut antusias masyarakat. Buktinya, masjid benar-benar penuh sesak oleh masyarakat Nagari Sungai Talang khususnya Bukik Apik.

Dalam kunjungan tersebut, gubernur juga memberikan bantuan dana secara simbolis sebesar Rp20 juta dan sejumlah al Quran kepada pengurus Masjid.

Baca juga: Politisi PKS DPRD Sumbar Gelar Safari Ramadhan di Kabupaten Solok, Ini yang Disampaikan

Ikut hadir dalam acara itu Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Sekdakab Lima Puluh Kota Yendri Tomas, Camat Guguak Yuhendri dan sejumlah pejabat lainnya. (relis)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: