Sumbar Talenta Pukau Penonton Pesta Kesenian Rakyat di Croatia

Kamis, 27 Juli 2017, 14:30 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Talenta Pukau Penonton Pesta Kesenian Rakyat di Croatia
Sumbar Talenta saat menampilkan Tari Piring di Croatia. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Setelah menampilkan kesenian dan kebudayaan Minangkabau di festival dunia 'The 51'st International Folklore Festival,' 19-23 Juli 2017 di Croatia, rombongan Sumbar Talenta bersama bundo kaduang dari ibu-ibu Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumatra Barat, kembali ke Ranah Minang, Rabu (26/7/2017), pukul 08.15 WIB.

Perjalanan pulang dari Bandar Udara Franjo Tudman Zagreb, Croatia dengan melakukan dua kali transit, untuk sampai di Bandara International Minangkabau (BIM), Padangpariaman. Pertama di Dubai International Airport dan keduanya di Kuala Lumpur International Airport.

"Melihat dari dokumentasi foto dan video, kami ikut bangga dengan penampilan Sumbar Talenta di Croatia. Mereka ini adalah industri kreatif bagi Sumatera Barat. Namun, apa yang telah mereka berikan pada Sumatera Barat, pada saat ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah provinsi," kata Yasnida Syamsuddin, Wakil Ketua HWK Sumbar, ketika menyambut kedatangan rombongan.

Ketua HWK Sumbar, Hj Sastri Yunizarti Bakry, salah seorang pendiri Sumbar Talenta yang ikut mendampingi Sumbar Talenta ke Croatia mengatakan, "Pengalaman paling berharga selama di sana, kami sebelum pertunjukan diundang secara khusus untuk menghadiri pesta tradisi panen gandum. Mereka menyanyi, menari, makan minum dengan bersama-sama," terangnya.

Baca juga: Satu Pena Sumbar Gelar Event Internasional di Kampus IPDN Baso

"Kami juga diajak memanen gandum, menikmati gandum mentah langsung dari batangnya dan yang telah diolah jadi kue. Kami menghadiri pesta tradisi itu dengan mengenakan pakaian adat Minangkabau, sehingga mereka berebut minta foto bersama," tambah Sastri.

Kesuksesan Sumbar Talenta di pesta kesenian rakyat sedunia ini, juga disampaikan Hj Haslinda, Wakil Ketua HWK Sumbar, yang juga ikut mendampingi Sumbar Talenta ke Croatia. "Para penonton di sana takjub melihat penampilan Sumbar Talenta, terutama dengan Tari Piring, mereka sangat terpukau melihat penari melonjak-lonjak di atas pecahan kaca," terang dia.

"Bagitu juga mendengar permainan alat musik Talempong, unik dan baru bagi mereka," tambah Haslinda.

Sumbar Talenta terus melakukan penjaringan dan pembinaan bakat bagi generasi muda di Sumatera Barat. Pada 2017 ini, ajang audisi tahunannya telah digelar untuk ke-12 kalinya. Menghadiri The 51'st International Folklore Festival di Croatia ini, Sumbar Talenta juga mengikutkan Thata Zata Lini, juara pertama Sumbar Talenta XII, sebagai realisasi dari hadiah yang telah dijanjikan.

Baca juga: Zusneli Zubir Lepas Tim Sumbar Talenta ke Tong Tong Fair 2022 Belanda

"Saya bangga bisa ikut membawa kebudayaan kita ke kancah international dan menikmati rasa kebersamaan yang ada di Sumbar Talenta. Dan banyak pengalaman lainnya saya dapatkan," kata Thata, yang sempat jadi foto sampul pada suratkabar di Croatia.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: