Sumbar Talenta Pukau Penonton Pesta Kesenian Rakyat di Croatia

Kamis, 27 Juli 2017, 14:30 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Talenta Pukau Penonton Pesta Kesenian Rakyat di Croatia
Sumbar Talenta saat menampilkan Tari Piring di Croatia. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sementara itu, Hallen, Sekretaris HWK Sumbar juga mengatakan, "Penampilan Sumbar Talenta mendapat apresiasi dari Walikota Zagreb dan Duta Besar Indonesia untuk Croatia. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari Asia yang mengikuti The 51'st International Folklore Festival di Croatia, Sumbar Talenta secara tidak langsung menjadi wakil Asia untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan di festival kesenian rakyat sedunia ini," terangnya.

"Dari 50 negara peserta, Indonesia termasuk dari lima negara yang diberi kesempatan untuk ikut pada pesta tradisi panen gandum di sana, untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan Minangkabau. Sumbar Talenta menampilkan Tari Pasambahan, Tari Indang, dan Tari Piring."

Haslinda juga mengatakan, "Sebagai bentuk apresiasi dari Walikota Zagreb, HWK Sumbar diberi cinderamata berupa pigura berisi maket kota Zagreb. Dan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Croatia berniat mengundang dan mendanai Sumbar Talenta untuk tampil pada perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan di Croatia nantinya," ungkap dia.

Baca juga: Papa Rusli Inginkan Yolanda Bacakan Monolog Multatuli Pacaran

"Melihat penampilan Sumbar Talenta, negara India dan Taiwan mengundang Sumbar Talenta untuk menampilkan pertunjukan kesenian dan kebudayaannya pada tahun 2018 nanti."

Sukses dengan program Sumbar Talenta Goes to Croatia 2017 ini, HWK Sumbar akan melaksanakan program kerja 2017 berikutnya, seperti bakti sosial, pendidikan guru bertalenta, agama, ekonomi. Juga mematangkan persiapan konser The Best Sumbar Talenta untuk kegiatan sastra di Brunei dan konser seni budaya di Malaysia.

"Mari berkarya merawat budaya, dengan mengapresiasi karya kita maupun karya orang lain. Tidak saatnya lagi mengecilkan orang untuk membesarkan diri sendiri, ketika orang asing sangat menghargai seni budaya Minangkabau. Entaskanlah rasa sinis yang tidak menghargai pada aktivitas yang dilakukan oleh Sumbar Talenta," kata Sastri Bakry. (rls/kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: