Honor Kepala Jorong di Limapuluh Kota Naik Dua Kali Lipat

Jumat, 14 Juli 2017, 10:40 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Honor Kepala Jorong di Limapuluh Kota Naik Dua Kali Lipat
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyerahkan gaji kepada Kepala Jorong Kociak Kenagarian Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari Doni Sartika secara simbolis di jorong setempat, Kamis (13/7/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Jorong Kociak, Kenagarian Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Doni Sartika (39) tampak begitu gembira. Dia tak henti mengucap kata syukur, mendapatkan kenaikan gaji sebesar dua kali lipat tahun sebelumnya.

"Saya betul-betul gembira dan bersyukur mendapatkan tambahan gaji yang mencapai dua kali lipat tahun sebelumnya. Dengan gaji sekarang, saya sudah bisa bekerja secara penuh sebagai kepala jorong," ungkap Doni kepada wartawan, usai menerima penyerahan gaji secara simbolis dari Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di jorong yang berada di pinggang Gunung Sago itu, Kamis (13/7/2017).

Diakui Doni, sebelumnya, kepala jorong hanya mendapatkan gaji sebesar Rp900 ribu/bulan. Dengan pendapatan sebanyak itu, mau tidak mau perangkat nagari ini harus mencari tambahan penghasilan dari usaha sampingan lainnya. Apalagi, bagi kepala jorong yang mempunyai banyak tanggungan seperti buat biaya hidup dan sekolah anak.

"Bagi saya, gaji sekarang sudah cukup memadai. Artinya, saya sudah bisa lebih fokus melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala jorong. Sebab, saya tidak harus berusaha keras lagi mencari tambahan penghasilan dari pekerjaan pokok untuk menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga," ujar Doni yang diamini Kepala Jorong Tangah Kenagarian Situjuah Batur, MA Dt Paduko Rajo.

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

Berbeda ketika gaji kepala jorong baru sebesar Rp900 ribu, lanjut Doni. Ia harus berusaha mengerjakan usaha ekonomi lainnya buat mencukupi kebutuhan keluarganya. Dengan begitu, ada kalanya tugas dia selaku kepala jorong, belum terlaksana dengan maksimal, sebab kesehariannya juga tersita untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan lainnya.

"Sebelumnya kami harus bisa mencari tambahan penghasilan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga," ujar Doni.

Hal senada disampaikan Dt. Paduko Rajo. Dia mengakui, gaji yang diterimanya sekarang sudah bisa menutupi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

"Benar, dengan gaji sekarang para kepala jorong tentunya sudah bisa lebih fokus bekerja sebagai perpanjangan tangan wali nagari pada masing-masing jorongnya. Artinya, kami benar-benar siap mengabdi secara penuh sebagai kepala jorong," urai Dt Paduko Rajo.

Baca juga: Semangat Kepahlawanan harus Tetap Menyala

"Kenaikan gaji ini merupakan berkah dan pemacu semangat bagi kami," ungkap kedua kepala jorong itu kepada Bupati Irfendi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: