Mentawai Akan Buka Rahasia Racikan Racun pada Alat Panah Tradisionalnya

Minggu, 09 Juli 2017, 11:23 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Mentawai Akan Buka Rahasia Racikan Racun pada Alat Panah Tradisionalnya
Lelaki Mentawai pergi berburu hewan ke hutan di daerah kepulauan itu. (fikri akbar - WordPress.com)

Menurut Desti, Festival Panah Tradisional Mentawai ini selain bertujuan untuk pelestarian nilai-nilai luhur kebudayaan Mentawai dan upaya penyatuan para pemanah tradisional Mentawai, juga untuk mengangkat budaya Mentawai yang unik dan eksotis sebagai kalender tahunan event pariwisata Mentawai.

Sekaligus untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Mentawai.Memperkenalkan kembali benda budaya Mentawai yakni panah Mentawai yang merupakan senjata khas Mentawai.

Menanamkan rasa bangga dan cinta generasi muda Mentawai akan budaya Mentawainya sendiri dan menjaring bibit-bibit pemanah tradisional yang andal yang bisa menjadi cikal bakal atlet panah nasional.

Baca juga: Bernilai Trilinunan Tapi Ada yang Mangkrak! Inilah 9 Proyek 'Raksasa' Sumbar

Karena itu, peserta terbuka bagi siapa saja. Bahkan pihak panitia juga mengundang atlet panahan nasional dan provinsi di Indonesia untuk berpartisipasi, uji nyali memanah dengan alat panah tradisional khas Mentawai.

Didampingi Kabid Pemasaran, Aban Barnabas Sikaraja dan Kasi Sarana Promosi Kepariwisataan, Desti Seminora menambahkan, pada Festival Panah Tradisional Mentawai juga akan ditampilkan tarian Mentawai oleh Sikerei dan bazar cendera mata serta kuliner khas Mentawai.

"Jadi ini kesempatan langka bagi wisatawan untuk menambah pengetahuan dan menikmati seni-budaya dan keindahan alam Mentawai, khususnya Pulau Siberut yang menjadi paru-paru dunia dengan jenis kera endemik seperti joja, bokkoi, simakobu dan beragam jenis hutan yang asri dan lestari di kawasan Taman Nasional Siberut Selatan," kata Desti Seminora. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: