Buka Bersama dengan Menu Sederhana: Enam Bulan Tanpa Anggaran, KI Istiqomah Jalankan Amanah

Kamis, 22 Juni 2017, 20:08 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Buka Bersama dengan Menu Sederhana: Enam Bulan Tanpa Anggaran, KI Istiqomah Jalankan...
Komisioner KI Sumbar, Yurnaldi berbuka bersama dengan sejawatnya yang lain di kantor KI Sumbar di Sawo Purus V, Padang, Kamis (22/6/2017). (humas)

VALORAnews - Sudah enam bulan berlalu Komisi Informasi (KI) Sumbar tidak beranggaran. Menurut Wakil Ketua Komisi Informasi, Arfitriati, anggaran KI sudah ada solusinya yakni dengan mekanisme hibah.

"Sudah enam bulan meski sudah ada solusi tapi tidak serta merta ada, dana hibah masih proses di tingkat tim anggaran pemerintah daerah," ujar Arfitriati jelang buka bersama secara sederhana KI Sumbar di kantor Jl Sawo Purus V, Padang.

Arfitriati tekankan persoalan pemahaman aturan dan ketidak-tulusan staf Kadishubkominfo Sumbar, saat pengusulan anggaran dulu, membuat KI Sumbar tidak punya anggaran di APBD Sumbar 2017.

"Entah dari mana pemahaman staf itu, sehingga pejabat setingkat Kadis dan Tim TAPD, sewaktu pengajuan anggaran 2017 lalu, ikut pula setuju," ujar Arfitriati didampingi Komisioner KI Sumbar lain.

Baca juga: 5 Komisioner KI Sumbar Dilantik, Gubernur Ingatkan Soal Disinformasi dan Missinformasi

Adanya proses hibah ini, menurutnya, berarti Pemprov sudah menyadari kekeliruan staf setingkat Eselon III tersebut.

"Meski enam bulan tanpa anggaran, kita di KI Sumbar tetap istiqomah jalankan amanah sesuai penugasan di SK Gubernur Sumbar tahun 2014 lalu," ujar Arfitriati yang kini tengah menunggu hasil Pansel Calon anggota KI Pusat.

Selama itu, kata Arfitriati, KI tetap bekerja tanpa anggaran dan tanpa sekretaris yang di SK-kan oleh gubernur Sumbar.

"Tetap, persidangan penyelesaian sengketa terus berjalan, juga memberikan advis ke badan publik dalam penguatan keterbukaan informasi publik," ujar Arfitriati.

Baca juga: DPRD Sumbar Umumkan 5 Anggota Komisi Informasi Terpilih, 3 Orang Alumni Ilmu Politik FISIP Unand

Bahkan, kata Komisioner bidang Kelembagaan KI Sumbar, Sondri mengatakan, kegiatan penilaian keterbukaan informasi publik badan publik 2017 juga tengah dipersiapkan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: