Penerimaan Siswa Jalur Mandiri SMPN 1 Padang Mencurigakan

Rabu, 07 Juni 2017, 17:19 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Penerimaan Siswa Jalur Mandiri SMPN 1 Padang Mencurigakan
Suasana pengumuman kelulusan siswa di SMPN 1 Padang melalui jalur mandiri, akhir pekan kemarin. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Melati (13) sebut saja begitu, matanya berkaca-kaca menahan sedih usai melihat pengumuman hasil penerimaan siswa baru melalui jalur mandiri di SMPN 1 Padang, Sabtu (13/5/2017). Dia sedih bukan saja karena tidak masuk daftar yang diterima, namun yang lebih menyakitkan gadis beranjak remaja ini menilai, hasil yang terpampang pada papan pengumuman tersebut terasa ganjil.

"Saya merasa heran dan merasa aneh dengan hasil yang terpampang pada papan pengumuman tersebut. Teman saya yang nilai rapor nyaris sama dan ujian juga bekerja sama masuk dalam daftar 25 besar. Sementara saya, terpaut jauh pada urutan 250. Kalau masuk 100 besar saja, rasanya tidak masalah walau tidak diterima," ujarnya.

Ternyata keanehan hasil pengumuman tersebut juga menjadi gunjingan para orang tua di sekolah Melati. Orang tua Melati yang awalnya tidak begitu peduli dengan hasil tersebut, juga mendapat pertanyaan bertubi-tubi dari rekan sesama orang tua.

"Bagaimana dengan Melati, kok tidak lulus. Saya pikir dengan mengikutsertakan Melati tes di sekolah tersebut sudah ada orang dalam. Karena, sepertinya diadakannya tes mandiri untuk hal tersebut, terutama untuk anak pejabat dan orang kaya," ujar salah seorang orang tua siswa yang enggan ditulis namanya.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Namun, di antara orang tua siswa tersebut juga ada yang menghibur Ibu Melati. "Biarkan sajalah, Allah Maha Tahu. Jika memang ada, hidup orang tersebut tak akan pernah berkah. Bukan mustahil sebelum hukuman akhirat, mereka juga akan mendapat hukuman di dunia," ujarnya sambil dijawab Aamiin.

Mendapat hiburan dari rekan sesama orang tua, membuat batin orang tua Melati sedikit tenang. Namun, hal itu kembali terusik, saat dia membeli pakaian sekolah. Nada nada miring kembali menjadi perbincangan dalam penerimaan siswa baru jalur mandiri tersebut.

"Kalau pemerintah ingin bersih dan tranparan, kenapa tidak hanya melalui online saja. Jadi, memang ini seperti sengaja diciptakan dengan kata-kata yang dibungkus mencari siswa berkualitas. Kalau ingin yang berkualitas, mestinya dengan nilai rata rata yang lebih tinggi," ujarnya

Tingginya nada miring dalam penerimaan siswa melalui jalur mandiri, seakan telah mencoreng pendidikan karakter yang digembar-gemborkan selama ini. Malahan, jika hal ini tidak diluruskan bakal berdampak sangat buruk pada dunia pendidikan Kota Padang. Apalagi, hal ini telah menjadi perbincangan hangat di berbagai tempat.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Terpisah, Kepala SMPN 1 Padang, Hakim mengatakan, untuk jalur mandiri ini SMPN 1 Padang menerima 4 lokal dan untuk online 4 lokal.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: