Survivor Terakhir yang Hilang di Gunung Marapi Ditemukan Selamat

Rabu, 07 Juni 2017, 00:48 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Survivor Terakhir yang Hilang di Gunung Marapi Ditemukan Selamat
Tim SAR dari berbagai elemen, Selasa (6/6/2017) berhasil menemukan survivor terakhir yang hilang pascaletusan Gunung Marapi, Minggu (4/6/2017). Dia ditemukan dalam kondisi selamat dengan kondisi luka ringan. (dok mapala unand)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Pendaki terakhir yang dinyatakan hilang di Gunung Marapi, pascaletusan Minggu (4/6/2017) lalu, ditemukan dalam kondisi selamat. Survivor Yandri (15), ditemukan tim pencari yang terdiri dari berbagai elemen.

"Survivor dievakuasi melalui jalur Simabur, Tanahdatar. Rute itu yang paling mungkin dilalui untuk mengevakuasi korban," aktivis Mapala Unand, Andry B Tanjung di sebuah grup percakapan whatsapp beberapa saat lalu. (Baca: Ini Data Pendaki Asal Pekanbaru yang Selamat dan Hilang Pascaletusan Gunung Marapi)

Berikut kronologis pencarian yang di-share Andry B Tanjung;

Pukul 03.00 WIB Melanjutkan pencarian, korban yang bernama yandri (15 tahun). Hari ini diberangkatkan 2 tim SRU untuk menyusuri lokasi diduga keberadaan survivor. Mapala Unand mengutus anggotanya 2 orang untuk bergabung pada tim SRU 1 Anggota yang diutus adalah Hafis Putra (MU 253 Fst.) dan M Zikri (MU 273 Ply.). Selanjutnya akan ada Tim yang bergerak Sebagai pemantau Kondisi Gunung Serta Tim Logistik membawa kebutuhan untuk tim pada pagi harinya.

Baca juga: KSB Nagari Panampuang Perbaiki Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Tim SRU 1 berjumlah 10 orang akan berangkat hari Selasa pukul 3 dini hari, Untuk target operasi ESAR yaitu tim 1 akan langsung menuju cek point yang telah diperkirakan serta memplot wilayah kemungkinan terdapat korban

Tim SRU 2 berangkat hari Selasa pukul 7 pagi. Tim 2 berfungsi sebagai penunjang logistik untuk tim 1. Titik start operasi ESAR dari jalur Simabua karena jalur dari Kotobaru sulit untuk ditempuh.

Pukul 09.30 WIB tim sampai pada titik koordinat 631.560 Tugu Getra Koda. Saat itu cuaca berkabut, Tim SAR menunggu cuaca cerah kemudian akan melanjutkan operasi ESAR. Dugaan sementara Survivor berada disekitaran Taman Arah Puncak Merpati

Pukul 11.15 WIB , SRU 1 menemukan Survivor Yandri dalam kondisi masih hidup. survivor ditemukan sesuai lokasi yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Baca juga: BPK RI Serahkan Bantuan Rp250 Juta untuk Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Kondisi survivor terkilir dan luka-luka ringan, sudah diberi pertlongan obat dan makanan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: