Irfendi Harap Lomba Masak Ikan Ikut Picu Pertumbuhan Ekonomi

Jumat, 12 Mei 2017, 18:21 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Irfendi Harap Lomba Masak Ikan Ikut Picu Pertumbuhan Ekonomi
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mencicipi masakan serba ikan yang diperlombakan dalam lomba masak serba ikan di halaman Dinas Perikanan setempat, kemarin.

VALORAnews - Potensi perikanan Kabupaten Limapuluh Kota yang relatif besar, seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan dan peningkatan gizi masyarakat. Lomba memasak serba ikan, juga diharapkan dapat mendorong adanya inovasi menu masakan ikan sekaligus mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif berbasis masakan ikan.

Demikian dikatakan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika membuka lomba masak serba ikan tingkat kabupaten Limapuluh Kota, di halaman kantor Dinas Perikanan, kemarin.

"Kita memiliki potensi ikan yang besar. Kita berharap lomba memasak serba ikan ini dapat meningkatkan kreativitas warga dalam menyajikan menu makana ikan yang bergizi, beragam dan meningkatkan konsumsi ikan," ungkap Irfendi.

Irfendi ingin, lomba yang dilaksanakan Dinas Perikanan bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Limapuluh Kota yang diketuai Monalisa Irfendi Arbi itu, tidak akan meningkatkan kreativitas kaum ibu dalam mengolah ikan dan membudayakan masakan ikan, namun juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Baca juga: Forikan Agam Inisiasi Gerakan Urang Agam Makan Ikan, 1200 Mangkok Bakso Berbahan Ikan Dibagikan

"Upaya menggugah masyarakat agar meningkatkan makan ikan ini harus terus disosialisasikan. Sebab, ikan memiliki kandungan gizi yang lengkap dan baik untuk kesehatan. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden No 7 Tahun 2016 yang mengamanatkan untuk meningkatkan konsumsi ikan," tutur Irfendi.

Dia berharap, lomba itu ikut menjadi ajang mempromosikan potensi keanekaragaman bahan pangan khususnya ikan di daerah ini. Dampak lanjutnya, kuliner itu dapat menjadi usaha produktif keluarga.

Untuk mewujudkan ini, Irfendi mengajak peran aktif TP-PKK selaku mitra pemerintah dalam memberikan pemahanan dan keterampilan kepada masyarakat.

"PKK merupakan mitra kita dalam mensukseskan program pemerintah termasuk di bidang perikanan ini," ujar Irfendi sembari berharap pemenang lomba ini bisa mewakili Limapuluh kota di tingkat Provinsi Sumbar serta mewakili Sumbar ditingkat Nasional.

Baca juga: KONSUMSI IKAN: Forikan Pessel Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Sebelumnya, Kabid PSPPN Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Nelti Hafni dalam laporannya menyebut, tujuan lomba antara lain untuk meningkatkan keterampilan memasak ikan, sekaligus memperkenalkan keakaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat. Selain itu, juga buat menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan dan kandungan gizi ikan bagi kesehatan serta kecerdasan masyarakat.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: