Disdukcapil Targetkan 100 Persen Penduduk Padang Tercatat di SIAK

Sabtu, 15 April 2017, 17:54 WIB | News | Kota Padang
Disdukcapil Targetkan 100 Persen Penduduk Padang Tercatat di SIAK
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil, Maiyulnita foto bersama dengan peserta sosialisasi Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kamis (14/4/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Setdako Padang, menargetkan seluruh warga masuk ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Setiap penduduk berhak memiliki data kependudukan yang terdaftar dalam SIAK.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil, Maiyulnita saat sosialisasi Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kamis (14/4/2017).

"Dinas Dukcapil berkewajiban melayani warga untuk pengurusan administrasi data kependudukan. Melalui Sosialisasi yang kita lakukan ke setiap kelurahan dan kecamatan ini, merupakan upaya memberikan pemahaman ke masyarakat terkait pentingnya data kependudukan," terang Maiyulnita.

Dikatakan, pada beberapa kelurahan di Kota Padang, warganya termasuk proaktif terhadap pengurusan data kependudukan. Salah satu kelurahan itu adalah Gunung Pangilun.

Baca juga: Jembatan Darurat Bukik Batabuah Selesai Dipasang, Bisa Dilewati Kendaraan Tonase 20 Ton

"Kami beberapa kali melaksanakan sosialisasi di Gunung Pangilun. Di samping warganya antusias, lurahnya juga proaktif," sebutnya.

Sementara, Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir mengatakan, sosialisasi ini penting bagi warga. Sebab, masih banyak warga yang kurang memahami pentingnya pengurusan Adminduk.

"Warga banyak yang belum paham. Malah terkesan menyepelekan. Suatu saat, bila sudah membutuhkan baru melakukan pengurusan," kata Andi Amir.

Di Gunung Pangilun sendiri, jelas Andi Amir, pihaknya selalu memberikan pahaman terhadap warga disela pelayanan. Sedangkan untuk surat keterangan kematian, diserahkan langsung ke keluarga sesuai Perwako Padang. Ini tetap konsisten dilaksanakan.

Baca juga: Harimau Sumatera Direkam Satpam di Siak, Warga Diminta Hindari Jam Aktif Sore hingga Pagi

Bahkan, untuk pelayanan pengurusan administrasi kependudukan, Kelurahan Gunung Pangilun tengah mempersiapkan inovasi 'PATUH' yaitu patuh dalam pengurusan dan patuh dalam pelayanan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024