DPRD Sumbar Sahkan Perda Inisiatif: Perda Olahraga Disahkan, Irsyad: Bukan Sekadar Mencapai Prestasi

Jumat, 17 Maret 2017, 08:15 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Sahkan Perda Inisiatif: Perda Olahraga Disahkan, Irsyad: Bukan Sekadar...
Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menandatangani nota pengesahan Perda Olahraga pada paripurna yang digelar Kamis (16/3/2017) disaksikan Sekdaprov Ali Asmar, dua orang wakil ketua, Guspardi Gaus dan Arkadius serta Raflis (Sekwan). (humas)

VALORAnews -- Pandangan akhir fraksi-fraksi di DPRD Sumbar menggarisbawahi, Perda Keolahragaan yang ditetapkan pada paripurna Kamis (16/3/2017), jadi acuan dalam menggenjot kemajuan olahraga. Dari sembilan fraksi yang ada di DPRD Sumbar, kesemuanya menyetujui peraturan daerah (Perda) yang jadi inisiatif dewan ini. Namun disertai sejumlah catatan.

Catatan menarik disampaikan juru bicara Fraksi Nasdem, Endarmy. Dia menyebut, selama ini, bidang olahraga di Sumatera Barat belum menunjukkan kemajuan yang berarti. Masih banyak kelemahan dan kekurangan dalam pengelolaan olahraga, sehingga berdampak pada prestasi.

"Untuk itu, dengan lahirnya Perda Keolahragaan, kami meminta pemerintah provinsi bersama pihak-pihak terkait dalam pengelolaan keolahragaan agar lebih serius," kata Endarmy pada paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim tersebut.

Hal senada disampaikan juru bicara Fraksi PPP, Yuliarman. Dia meminta pemerintah lebih fokus menggenjot sektor keolahragaan, sehingga bisa melahirkan prestasi yang membanggakan ke depan.

Baca juga: Hendra Irwan Rahim: Peredaran Narkoba harus Diantisipasi sejak Dini

"Pemerintah harus lebih fokus dan Perda yang dilahirkan ini hendaknya menjadi acuan agar sektor olahraga mendapat kemajuan," kata Yuliarman.

Dia mengharapkan, Perda Keolahragaan sekaligus bisa menjadi pendorong bagi persiapan Sumatera Barat menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-21 tahun 2024 mendatang.

"Untuk mewujudkan rencana sebagai tuan rumah PON, Sumbar harus berbenah dan lahirnya Perda ini diharapkan menjadi pijakan dalam memantapkan persiapan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, juru bicara Fraksi PKS, Irsyad Syafar menambahkan, olahraga bukan saja sekadar mengejar prestasi. Namun, jauh dari itu adalah dalam rangka menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Baca juga: Hendra Irwan Rahim: Koperasi itu Enak Dibicarakan, Susah Dilaksanakan

"Lahirnya Perda diharapkan akan menggenjot kemajuan olahraga sekaligus sebagai pendorong dalam pencapaian target nasional dalam pembangunan SDM berkualitas," tambahnya. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: