Forikan Kabupaten Limapuluh Kota Dikukuhkan

Kamis, 16 Maret 2017, 08:04 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Forikan Kabupaten Limapuluh Kota Dikukuhkan
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengambil sumpah pengurus Forikan daerah itu, di aula kantor bupati lama, Rabu (15/3/2017). (humas)

VALORAnews - Mengampanyekan untuk mengonsumsi ikan secara teratur pada masyarakat, Pemkab Limapuluh Kota mengkukuhkan pengurus Forum Peningkatan Komsumsi Ikan (Forikan), di aula kantor bupati lama, Rabu (15/3/2017).

Pengukuhan itu dilakukan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi pada Ketua Umum Forikan Limapuluh Kota, Ny Monalisa Irfendi Arbi, wakil ketua I, Ny Eka Ferizal Ridwan dan wakil ketua II, Ny Eva Yendri Tomas. Usai pelantikan ketua Kabupaten, pada kesempatan itu, Ny Monalisa Irfendi Arbi juga melantik ketua Forikan Kecamatan, pengurus dan anggota Forikan se Kabupaten Limapuluh Kota.

Ikut hadir, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Yosmeri, Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Refilza, Kepala Dinas Pendidikan, Rodimas, pihak kecamatan serta undangan lainnya.

Irfendi Arbi dalam paparanya mengatakan, dilantiknya pengurus Forikan Kabupaten Limapuluh Kota, diharapkan mampu mewujudkan program pemerintah dalam mengajak masyarakat gemar mengkomsumsi ikan ini.

Baca juga: Forikan Agam Inisiasi Gerakan Urang Agam Makan Ikan, 1200 Mangkok Bakso Berbahan Ikan Dibagikan

"Seperti kita ketahui, ikan memiliki nilai protein dan gizi yang sangat tinggi, ditambah dengan omega 3 yang berfungsi mencerdaskan otak. Untuk itu, dengan gemarnya masyarakat Limapuluh Kota mengonsumsi ikan ini, nantinya akan melahirkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas," ujar Irfendi dalam pidatonya yang dibacakan Asisiten II Bidang Perekonomian, M Yunus.

Sementara, Monalisa selaku ketua umum Forikan Limapuluh Kota mengharapkan, pengurus Forikan kecamatan yang baru saja dikukuhkan, makin gencar mengampanyekan gemar mengonsumsi ikan.

"Mudah-mudahan dengan adanya pengurus Forikan di setiap kecamatan, komsumsi ikan di tengah masyarakat semakin meningkat. Untuk menyukseskan kegiatan itu, salah satunya dengan mengampanyekan gerakan gemar memakan ikan," ujar Monalisa.

Sementara itu, Yosmeri menuturkan, hadirnya Forikan Limapuluh Kota akan membuka dan memberikan pengetahuan dan akhirnya mampu mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat untuk mengonsumsi ikan.

Baca juga: KONSUMSI IKAN: Forikan Pessel Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Menurutnya, ini merupakan gerakan moral yang memotivasi masyarakat, untuk mengonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan. "Ini merupakan program nasional dalam sebuah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengonsumsi ikan secara teratur. Untuk itu, diharapkan seluruh anggota Forikan ini nantinya, mengajak masyarakat untuk mengetahui tingginya kandungan gizi yang terdapat dalam daging ikan," harapnya. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: