Antisipasi Bencana Banjir Susulan di Pangkalan, Rahayu: Prioritaskan Keselamatan Lingkungan

Rabu, 15 Maret 2017, 08:56 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Antisipasi Bencana Banjir Susulan di Pangkalan, Rahayu: Prioritaskan Keselamatan...
Anggota DPRD Sumbar, Rahayu Purwanti bersama Ferizal Ridwan (wakil bupati Limapuluh Kota), foto bersama masyarakat Pangkalan, usai penyerahan bantuan bagi korban banjir, Selasa (14/3/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Anggota Komisi I DPRD Sumbar, Rahayu Purwanti menegaskan, perlu tindakan preventif terpadu mengantisipasi bencana susulan di daerah Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Keselamatan lingkungan harus jadi prioritas di Pangkalan atau di daerah Sumbar lain yang rawan bencana banjir dan longsor. Satu dari banyak cara, hentikan illegal loging (penebangan liar)," ujar Rahayu Purwanti usai mengunjungi daerah terdampak banjir Pangkalan, Selasa (14/3/2017).

Dikatakan Yayuk, demikian biasa Rahayu disapa, saat menyerahkan bantuan kemarin, terlihat banyak pepohonan ditebangi di Pangkalan terutama di beberapa titik di sepanjang lintas Sumbar-Riau.

"Selain maraknya penebangan liar, juga diperparah struktur tanah yang labil, sehingga saat curah hujan tinggi, maka bencana banjir dan longsor mudah terjadi seperti kejadian Jumat (3/3/2017) kemarin," ujarnya.

Baca juga: Kunjungan Kerja Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta ke DPRD Sumbar, Ini Kata Irsyad Safar

Dia menekankan, dalam penanggulangan bencana secara komprehensif, tindakan hingga tanggap darurat saja tidak memadai. "Tidak cukup sampai tanggap darurat saja. Pemerintah harus bertanggungjawab hingga kehidupan masyarakat di daerah bencana normal kembali," ujarnya.

Untuk pemulihan daerah bencana sampai kembali ke kehidupan normal, pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat, harus meningkatkan koordinasi terutama mengantisipasi bencana susulan. Yayuk berharap, ke depan, Pemda setempat lebih giat untuk menjaga kelestarian hutan dan mengadakan rehabilitasi lahan hutan khususnya yang telah mengalami kerusakan akibat penebangan liar.

"Jika tidak mampu sendiri, Pemprov dan Pemerintah Pusat pasti siap memback-up," ujarnya.

Sementara, laporan Relawan Totalitas Indonesia mengatakan, penanganan pasokan air bersih untuk masyarakat Koto Panjang belum maksinal.

Baca juga: DPRD Sumbar Tetapkan Pimpinan Defenitif dan Fraksi-fraksi, Ini Nama-namanya

"Kita sudah operasikan sky hydran, tapi air bersih yang diproduksi hanya bisa ditampung tandon atau bak penampung berkapasitas 6000 liter. Sementara, masyarakat di sini yang butuh air bersih sangat banyak," ujar Relawan Totalitas Indonesia, Tan Rajo lewat pesan whatsapp.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: