Indra Dt Rajo Lelo dan Syafril Ilyas Pimpin BK: Fraksi Nasdem dan Hanura DPRD Sumbar Kembali 'Ditinggalkan'

Senin, 13 Februari 2017, 11:49 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Indra Dt Rajo Lelo dan Syafril Ilyas Pimpin BK: Fraksi Nasdem dan Hanura DPRD Sumbar...
Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim didampingi dua wakil ketua, Guspardi Gaus dan Arkadius Dt Intan Bano bersama Ali Asmar (Sekdaprov) saat memimpin paripurna pengesahan Badan Kehormatan, Senin (13/2/2017). (humas)

VALORAnews - Musyawarah dan mufakat panitia seleksi (pansel) calon anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumbar masa tugas 2017-2019, menyepakati satu dari enam calon mengundurkan diri yakni usulan Fraksi Partai Nasdem, Murdani. Struktur pimpinan BK juga disepakati secara musyawarah mufakat.

"Selama delapan dari 10 menit waktu yang diberikan untuk bermusyawarah oleh pimpinan, kami di pansel melaporkan bahwa saudara Murdani menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan anggota BK," ungkap pimpinan Pansel Afrizal didampingi Mochklasin.

Kemudian, Afrizal juga melaporkan, struktur pimpinan BK juga berhasil ditetapkan secara musyawarah mufakat. Yakni, Indra Dt Rajo Lelo sebagai ketua (usulan Fraksi PAN) dan Syafril Ilyas sebagai wakil ketua (usulan Fraksi PPP) dengan Sekwan sebagai sekretaris ex officio.

Tiga anggota BK dalam masa jabatan 2,5 tersisa ini yakni Irsyad Syafar (fraksi PKS), Sabar AS (fraksi Partai Demokrat) dan Komi Chaniago (fraksi PKB, PBB dan PDIP).

Baca juga: Komisi V DPRD Sumbar Kembali Matangkan Ranperda Pemajuan Kebudayaan Daerah

Atas kesepakatan ini, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim berharap, kelima anggota BK bisa secara optimal melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya.

Atas pendapat Ketua Fraksi Partai Hanura, Marlis agar dewan konsisten menjalankan perda salah satunya Perda Kawasan Tanpa Rokok, juga diamini Hendra Irwan Rahim.

"Saya juga perokok, namun apa yang diusulkan saudara ketua fraksi Hanura ini perlu jadi perhatian kita bersama," tegas Hendra.

Sementara, Indra Dt Rajo Lelo menyebut, banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan sebagaimana usulan berbagai anggota dewan. Seperti, tidak merokok sembarangan tempat, disiplin menghadiri sidang-sidang dan menghadiri rapat-rapat lainnya.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Pemilihan alat kelengkapan dewan (AKD) ini, kembali menyisihkan Fraksi Partai Hanura dan Nasdem dari perebutan kursi pimpinan.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: