Masjid Raya Sumbar Sebaiknya Bercita Rasa Masjid Nabawi atau Masjidil Harram

Jumat, 03 Februari 2017, 19:47 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Masjid Raya Sumbar Sebaiknya Bercita Rasa Masjid Nabawi atau Masjidil Harram
Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat berdialog dengan ulama besar Sumatera Barat, Buya Masoed Abidin usai sholat Jumat di Masjid Raya Sumbar, Jumat (3/2/2017). (istimewa)

VALORAnews -- Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat meminta, penghijauan di areal Masjid Raya Sumbar ditanam Pohon Kurma. Sehingga, suasana warga yang akan beribadah di masjid kebanggan rang Minang itu, bercita-rasa Masjid Nabawi di Madinah atau Masjid Harram di Mekkah. Saat ini, ornamen masjid itu telah bernuansa Timur Tengah.

"Alhamdulillah, ide itu telah saya sampaikan saat bertemu ulama besar Sumatera Barat, Buya Masoed Abidin usai sholat Jumat di Masjid Raya Sumbar, Jumat (3/2/2017). Semoga, ide ini bisa didengar pemerintah untuk kemudian diwujudkan," ungkap Hidayat.

Selain itu, dalam dialog bersama Buya Masoed, Hidayat juga mengusulkan imam-imam masjid mesti dihargai lebih, sehingga mereka bisa berkonsentrasi penuh melayani kebutuhan spritual dan emosional umat.

Selain itu, kebersihan Masjid Raya Sumbar dilaksanakan cleaning service yang dibiayai pemerintah. Sehingga, masjid aman dan nyaman tanpa ada pungutan parkir (kendaraan dan sandal/sepatu-red), yang telah jadi fenomena tempat ibadah hari ini.

Baca juga: UM Natsir Wisuda 201 Mahasiswa: Buya Masoed Abidin Dikukuhkan jadi Guru Utama Pemikiran Natsir

Kemudian, terang Hidayat, Masjid Raya ini sebaiknya juga dilengkap pustaka, ada lokasi khusus untuk berjualan perlengkapan ibadah seperti mukena, peci, tasbih dan lainnya. Juga ada pengajian-pengajian rutin, ada pelajaran baca/ilmu al Quran buat anak-anak dan remaja.

"Ada ruang berinteraksi untuk meningkatkan kesholehan sosial," ungkap Hidayat terkait usulan yang kemudian diunggahnya ke akun facebook miliknya itu.

Respon Buya Masoed, menurut Hidayat, mendukung sembari mengusulkan ada juga studio khusus memutar film pendek tentang jejak ulama ulama besar Sumbar seperti Buya Hamka, perguruan Parabek dan lainnya.

Baca juga: Andre Rosiade Didoakan Terpilih jadi Gubernur Sumbar di Pemilihan 2024

"Bagaimana ulama itu dulunya memimpin daerah dan agama, perlu jadi rujukan generasi sekarang," ungkap Hidayat mengutip usulan buya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: