UM Natsir Wisuda 201 Mahasiswa: Buya Masoed Abidin Dikukuhkan jadi Guru Utama Pemikiran Natsir

Minggu, 25 Desember 2022, 22:04 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
UM Natsir Wisuda 201 Mahasiswa: Buya Masoed Abidin Dikukuhkan jadi Guru Utama Pemikiran...
Rektor Universitas Mohammad (UM Natsir) Yarsi Bukittinggi, Afridian Wirahadi Ahmad memindahkan toga pada prosesi wisuda yang digelar di Balai Sidang Bung Hatta, Sabtu. (satria putra)

BUKITTINGGI (24/12/2022) - Buya H Masoed Abidin dikukuhkan sebagai Guru Utama Pemikiran Mohammad Natsir. Penghargaan itu diserahkan langsung Rektor Universitas Mohammad (UM Natsir) Yarsi Bukittinggi, Afridian Wirahadi Ahmad pada Buya Masoed pada prosesi wisuda yang digelar di Balai Sidang Bung Hatta, Sabtu.

Afridian Wirahadi menyebut pemberian penghargaan dan penetapan sebagai guru utama itu setelah melihat rekam jejak Buya Masoed yang tidak hanya aktif mengajarkan nilai-nilai pemikiran Mohammad Natsir, namun juga menuliskannya sebagai tokoh agama, tokoh politik dan guru bangsa melalui buku-buku dan tulisan.

"UM Natsir Yarsi Bukittinggi memiliki mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswanya yakni mata kuliah Keyarsian dan Pemikiran Mohammad Natsir. Tujuan mata kuliah ini mengajarkan Pemikiran M Natsir yang masih sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini, serta dapat diimplementasikan dan menginspirasi anak bangsa dalam membangun umat dan bangsa dalam bingkai NKRI," jelas Afridian.

Pada kesempatan itu, UM Natsir mewisuda 201 lulusan. Rinciannya 25 orang Sarjana Keperawatan, 57 orang Profesi Ners, 3 orang Sarjana Gizi, 32 orang Sarjana Farmasi, 35 orang D3 Keperawatan, 37 orang D3 Kebidanan, serta 12 orang Administrasi Rumah Sakit.

Baca juga: Andre Rosiade Didoakan Terpilih jadi Gubernur Sumbar di Pemilihan 2024

"Ini adalah wisuda pertama sejak penyatuan antara STIKES Yarsi Sumbar dan universitas Mohammad Natsir Bukittinggi yang diresmikan tahun 2021 kemarin. Sejak penggabungan itu pula, minat mahasiswa baru untuk kuliah di sini mengalami kenaikan hingga dua kali lipat," sebutnya.

Dalam sambutannya, Afridian mendoakan, agar ilmu dan ketrampilan yang telah diperoleh wisudawan menjadi bekal yang bermanfaat untuk membangun kehidupan dan merintis karir, menjadi insan yang bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama.

"Satu-satunya cara bagi seorang sarjana untuk dapat menjaga dan membangun reputasi kesarjanaannya, adalah dengan terus belajar," katanya.

"Insya Allah tahun 2023 kita bersama akan wujudkan pembukaan Program Studi Kedokteran, Sarjana Kebidanan dan program studi lainnya dalam meningkatkan peran kita hasilkan sumber daya manusia berkualitas untuk pembangunan," imbuh Rektor yang kini menjabat Sekretaris Umum MD KAHMI Kota Padang itu.

Baca juga: Masjid Raya Sumbar Sebaiknya Bercita Rasa Masjid Nabawi atau Masjidil Harram

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, yang hadir langsung pada saat wisuda UM Natsir berharap agar para wisudawan mampu meraih kesuksesan dalam meniti karir di berbagai bidang sesuai keilmuan masing-masing.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: