Budayakan Gotong Royong, Irfendi: Berguna untuk Percepatan Pembangunan

Kamis, 22 Desember 2016, 23:35 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
Budayakan Gotong Royong, Irfendi: Berguna untuk Percepatan Pembangunan
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ikut bergotong royong pada pengecoran jalan menuju lokasi pertanian masyarakat Mungka, Rabu (21/12/2016). Kedatangan Irfendi terkait peresmian BBGRM di daerah sentra telur ayam buras itu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan, budaya gotong royong harus tetap dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Sebab, kebersamaan, partisipasi dan keswadayaan masyarakat itu, sangat diharapkan dalam mendukung percepatan pembangunan.

Hal itu disampaikan Irfendi dalam arahannya pada acara pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Limapuluh Kota 2016, di lapangan bola kaki Kayu Nan Tigo Mungka, Rabu (21/12/2016).

"Mari kita gelorakan semangat gotong royong. Sebab, dengan bersama-sama, kita berharap tidak ada masalah yang tidak terselesaikan. Selain itu, dengan partisipasi masyarakat kita berharap percepatan pembangunan akan lebih cepat terwujud," ujar Irfendi.

Dikatakan Irfendi, budaya gotong royong senantiasa hidup di tengah masyarakat Limapuluh Kota. Bentuknya antara lain berupa kerja bakti seperti membangun fasilitas umum atau membenahi tempat ibadah dan berbagai bentuk partisipasi aktif lainnya yang memberi nilai positif bagi masyarakat dan daerah.

Baca juga: Erman Safar Ajak Peserta BBGRM Borong Produk Lokal Bukittinggi

"Kearifan nilai-nilai sosial budaya dalam aspek gotong royong dan keswadayaan ini patut kita kembangkan agar masyarakatsemakin bersinergi dan berpartisipasi dalam pembangunan," ulang Irfendi.

Menurut Irfendi, BBGRM ini dilaksanakan di Nagari Mungka tidak terlepas dari prestasi nagari sentra ayam dan telur tersebut sebagai pemenang lomba nagari tahun 2016. Selain itu juga karena pertimbangan tingginya swadaya atau semangat gotong royong masyarakat di nagari ini dalam mensukseskan pembangunan di nagarinya.

Irfendi mengajak tiga pilar di nagari yang terdiri dari Babinkamtibmas, Babinsa dan Wali Nagari serta masyarakat, senantiasa menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Disamping pilar juga diharapkan melakukan deteksi dan antisipasi dini berbagai gangguan Kamtibmas di nagari.

"Sesuai penegasan Damrem dan Kapolda Sumbar, saya berharap Tiga Pilar senantiasa melakukan rapat dalam menyikapi berbagai persoalan yang ada di nagari," ujar putera Koto Tangah Simalanggang itu.

Baca juga: Gagas Si Mantap, Irfendi Arbi jadi Terbaik 1 Pembina Dana Desa

Dalam kesempatan itu, Irfendi juga menyerahkan bonus sebesar Rp35 juta dan tropy juara pertama lomba nagari 2016 kepada Wali Nagari Mungka Ilfan Saikani. Berikutnya menyalurkan bantuan sosial kepada dua orang korban kebakaran rumah yang masingnya-masingnya Yusmainar warga Nagari Mungka dan Salmi asal Nagari Simpang Kapuak.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: